BATAM TERKINI

VIDEO. Arak Ogoh-ogoh Sebelum Perayaan Nyepi, Supaya Tidak Ada Aura Negatif

“Adanya prosesi ini untuk memohon restu agar semua lancar serta menghilangkan sifat-sifat buruk yang disimbolkan dengan ogoh-ogoh. Supaya tidak ada au

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Umat Hindu di Kota Batam menyambut perayaan Nyepi dengan mengarak ogoh-ogoh, Rabu (6/3/2019).

Dimulai dengan melakukan ibadah pada pukul 17.30 WIB ogoh-ogoh kemudian diarak pukul 18.00 WIB dari Pura menuju simpang UIB kemudian kembali lagi ke Pura.

“Adanya prosesi ini untuk memohon restu agar semua lancar serta menghilangkan sifat-sifat buruk yang disimbolkan dengan ogoh-ogoh. Supaya tidak ada aura negatif dalam menyambut dan selama perayaan Nyepi,” ujar Yuni, salah satu jamaat.

Saat mulai diarak, terdengar letupan petasan serta belasan anak-anak yang mengiringi pengarakan ogoh-ogoh sembari membawa obor.

Supaya Tidak Ada Aura Negatif, Umat Hindu Kota Batam Arak Ogoh-ogoh Sebelum Perayaan Nyepi

Libur Hari Nyepi, Warga Batam Padati Pantai Tanjung Pinggir Sekupang Batam

30 Daftar Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi 2019 dalam Bahasa Indonesia, Bali dan Inggris

“Dengan adanya petasan sama dengan membuat takut hal-hal tidak baik supaya mereka tidak mengganggu kami, sehingga kami juga membuat tanda (kepada hal-hal buruk) bahwa kami akan mengadakan upacara,” ujarnya.

Yuni mengatakan adanya obor sebagai simbol penerangan dan penuntun untuk melewati hari ini, dan nantinya obor itu lah yanb akan digunakan untuk membakar ogoh-ogoh yang sebelumnya telah di arak.

Terlihat ogoh-ogoh diarak oleh sejumlah pria dengan baju berwarna hitam berjumlah 20 orang per ogoh-ogoh.

Selama ogoh-ogoh diarak, terdengar lantunan musik dari beberapa alat musik gamelan yang disebutkan Yuni adalah sebagai bentuk penyemangat.

Para jamaat juga terlihat membawa Canang, yang disebutkan Yuni digunakan sebelum prosesi dan setelah prosesi pengarakan ogoh-ogoh.

“Canang ini biasa kita haturkan bersama dengan bunga 5 warna, daun, serta air untuk dipercikkan,” ujarnya.

Setelah prosesi pembakaran, Yuni mengatakan sembahyang akan dilaksanakan lagi untuk mengucap syukur bahwa semua sudah berjalan dengan lancar dan memohon perayaan nyepi esok hari berjalan dengan baik. (nhp/rus)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved