BATAM TERKINI

Menyemai Benih Investasi Pasar Modal Sejak Dini Pada Usia Remaja di SMKN 8 Batam Oleh Dosen UPB

Dosen Universitas Putera Batam melakukan pengabdian masyarakat ke SMK Negeri 8 Batam dengan tema Menyemai Benih Investasi Pasar Modal Sejak Dini Pada

Menyemai Benih Investasi Pasar Modal Sejak Dini Pada Usia Remaja di SMKN 8 Batam Oleh Dosen UPB
IST
Foto bersama di hari terakhir kunjungan di SMK Negeri 8 Batam bersama dengan Bapak evan Octavianus Gulo (paling kiri) Manajer IDX Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau, Dr. Jontro Simanjuntak, S.Pt.,S.E.,M.M (Kiri nomor 2) dosen Prodi Manajemen Universitas Putera Batam. SyarifHidayahLubis, S.E., M.S.i (paling kanan) dosen Prodi Akuntansi Universitas Putera Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Dosen Universitas Putera Batam melakukan pengabdian masyarakat ke SMKNegeri 8 Batam dengan tema Menyemai Benih Investasi Pasar Modal Sejak Dini Pada Usia Remaja. 

Dosen yang terlibat dalam hal ini Bapak Syarif Hidayah Lubis, S.E.,M.Si., sebagai Ketua Tim, dan Bapak Dr. Jontro Simanjuntak, S.Pt.,S.E.,M.M.  selain dosen juga melibatkan seorang mahasiswa Joice Lim. 

Pelaksanaan pengabdian pada tanggal 30-31 Januari 2019 di SMKN 8 Batam. Pengetahuan serta pemahaman masyarakat secara luas akan adanya dunia investasi yang baru masih sanga minim.

Hal tersebu disebabkan karena pengetahuan, pemahaman dan pendidikan yang masih kurang dirasakan oleh masyarakat bahkan cara berfikir/menset masyarakat pada umumnya dalam dunia investasi masih menggunakan cara lama yaitu berinvestasi dengan cara menabung, berinvestasi membeli tanah, rumah, dll.

Masyarakat tidak sadar akan munculnya investasi baru secara menguntungkan lebih dari menabung,membeli tanah, membeli rumah dan lain sebagainya yaitu adanya dana investasi dalam pasar modal. dengan cara berinvestas kedalam pasar modal diharapkan pengenalan investai pada masyarakat terlebih khususnya remaja usia dini disekolah diharapakan dapat meningkatkan jumlah investor dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat kelak dan juga memberikan dampak positif signifikan terhadap  jumlah pertumbuhan investor disebabkan karena pengetahuan masyarakat akan adanya investasi pasar modal dengan cara  mudah, murah dan fleksibel.Begitu banyaknya problem negatif pada usia remaja saat ini seperti minum miras,judi dan lain-lain membuat mereka semakin terburuk.

Pertemuan I setelah selesai acara di SMK Negeri 8 Batam Bersama dengan Syarif Hidayah Lubis, S.E., M.S.i (Sebelah Kanan), Joyce Lim (tengah), Dr. Jontro Simanjuntak, S.Pt.,S.E.,M.M (kiri).
Pertemuan I setelah selesai acara di SMK Negeri 8 Batam Bersama dengan Syarif Hidayah Lubis, S.E., M.S.i (Sebelah Kanan), Joyce Lim (tengah), Dr. Jontro Simanjuntak, S.Pt.,S.E.,M.M (kiri). (IST)

Tujuan diadakannnya pengabdian, pelatihan dan pembinaan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada  masyarakat dalam hal ini adalah siswa berusia remaja agar memiliki investasi dipasar modal yang diharapkan pada masa depan mereka kelak dapat meningkatkan kesejahteraannya dan diharapkan juga para siswa tersebut dapat menggunakan uang saku dengan cara yang bermanfaat yakni untuk menabung investasi.

Metode yang digunakan dalam pengabdian tersebut adalah dengan cara diskusi yakni memberikan pemahaman materi dan melakukan latihan membeli atau memilih saham.

Pertemuan pertama pemateri Bapak Syarif Hidayah Lubis, S.E.,M.Si berbicara tentang penjelasan dasar secara terperinci tentang investasi pasar modal beserta manfaatnya.

Lalu selanjutnya pemateri berikutnya dari mahasiswa dengan materi pemahaman dan kesadaran tentang memanfaatkan keuangan kejalan yang positif yakni dengan cara menabung investasi.  

Pertemuan kedua selain dosen universitas putera batam juga hadir Bapak Evan Octavianus Gulo sebagai Manager bursa efek Indonesia (IDX) Perwakilan Kepulauan Riau. 

Hari kedua pemberi materi dilakukan oleh Bapak Dr. Jontro Simanjuntak, S.Pt.,S.E.,M.M. berbicara tentang contoh dan memperaktikkan secara langsung kepada peserta mulai dari pembukaan rekening dampai memilih dan/atau membeli investasi saham perusahaan serta bagaimana proses penjualannya.

Selanjut pemateri terkahir Bapak Evan Octavianus Gulo berbicara tentang pengenalan Yuk Nabung saham dan pengelolaan keuangan sejak dini. perserta siswa yang hadir sebanyak 32 orang. (*)
 

Editor: Danang Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved