PEMILU 2019

Hingga 5 Maret, KPU Batam Temukan 582 Kertas Surat Suara Rusak

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mencatat ada sebanyak 582 lembar kertas surat suara rusak yang ditemukan selama proses pelipatan surat suara.

Hingga 5 Maret, KPU Batam Temukan 582 Kertas Surat Suara Rusak
TRIBUNBATAM.ID/ALFANDI SIMAMORA
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam sudah mulai melakukan pelipatan kertas surat suara Pemilu serentak 2019. 

Hingga 5 Maret, KPU Batam Temukan 582 Kertas Surat Suara Rusak

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mencatat ada sebanyak 582 lembar kertas surat suara rusak yang ditemukan selama proses pelipatan surat suara.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Ketua Komisioner KPU Batam, Syahrul Huda saat ditemui di Kantor KPU Batam, Senin (11/3/2019).

"Sejak dilakukan proses pelipatan kertas surat suara sampai per tanggal 5 Maret 2019 kemarin ada sebanyak 582 lembar surat suara yang rusak dari satu juta lebih surat suara yang sudah dilipat," kata Syahrul.

Syahrul menerangkan, adapun kategori kertas surat suara yang rusak tersebut meliputi ada yang robek pinggiran kertas surat suara, ada bercak tinta dan tulisannya berbayang atau dikatakan kabur.

"Rata-rata tiga kategori itu ditemukan saat pekerja pelipatan kertas surat suara hendak melakukan pelipatan, dan bukan akibat perbuatan dari pekerja pelipatan,"terangnya.

Syahrul juga menyebutkan, bahwa selesai pelipatan kertas surat suara selesai KPU Batam nantinya juga akan menggelar pleno perihal surat suara yang rusak tersebut.

LAGI! 12 Penerbangan dari Bandara Hang Nadim Batam Dibatalkan, Senin (11/3)

9 Fakta Pembunuhan Siswi SMK di Solok Padang, Masuk Lewat Jendela, Sempat Bercumbu dan Dijerat Tali

353 ASN Kota Batam Sudah Dapat SK, Aktif Bekerja Sejak 1 Maret 2019

Buat Surat Imbauan Urunan Bantu Koruptor, Ini Sanksi yang Dijatuhkan Bagi Sekda dan 7 Orang Lainnya

Adapun tujuan pleno tersebut untuk membicarakan perihal kertas surat suara yang rusak, yang memang masih dapat digunakan atau tidak dari ketegori surat suara rusak yang ditemukan.

Seperti contohnya surat suara yang rusak karena bercak tinta yang di pinggir saja, apakah masih bisa digunakan dan tidak mengenai kolom-kolom caleg yang ada misalkan seperti itu.

"Bisa juga pada kertas surat suara yang robek di bagian pinggir surat suara apakah itu masih masuk kategori rusak atau tidak," tuturnya.

Syahrul juga menambahkan, untuk kertas surat suara yang rusak KPU nanti akan mengajukan permintaan pengganti kertas surat suara dan akan dibuatkan berita acaranya.

"Nah berita acara ini nanti mengenai berapa jumlah surat suara yang rusak yang kita temukan untuk di ajukan pengganti surat suara yang ditemukan rusak di Kota Batam," katanya. (tribunbatam.id/alfandi simamora)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved