BINTAN TERKINI

Ada 163 Titik Kebakaran Lahan di Bintan, Petugas Damkar Kewalahan Memadamkan Api

"Armada kita per UPT cuma satu unit. Satu armada tersebut harus dilayani 6 petugas, begitu SOP (Standar Operasional Prosedur) dan harus 3 shift. Sekar

Ada 163 Titik Kebakaran Lahan di Bintan, Petugas Damkar Kewalahan Memadamkan Api
TRIBUNBATAM.id/AMINUDDIN
Personel polisi membantu memadamkan api di lahan yang terbakar di Bintan 

TRIBUNBATAM.id, BINTAN - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan Naharuddin mengungkapkan, selama tiga bulan, ada 163 titik kebakaran lahan. Jumlah tersebut terbilang besar.

"Tiap hari kebakaran lahan terjadi. Setiap hari itu bukan hanya satu titik, bisa sampai 4 titik," kata Naharuddin, Jumat (15/3/2019).

Naharuddin mengatakan, BPBD Bintan melalui UPT Damkarnya di kecamatan kewalahan menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Tenaga Damkar di lapangan dan armada pendukung masih terbatas. Dalam keterbatasan, bila ada dua titik kebakaran maka petugas damkar hanya fokus menanggulangi pada satu titik pertama. Baru kemudian berpindah ke titik berikutnya.

"Armada kita per UPT cuma satu unit. Satu armada tersebut harus dilayani 6 petugas, begitu SOP (Standar Operasional Prosedur) dan harus 3 shift. Sekarang, anggota kita bekerja 12 jam, jadi sungguh kewalahan," kata Naharuddin.

KPK OTT Ketum PPP Romahurmuziy, Reaksi Sujiwo Tejo: Mudah Ditebak, Membosankan

Unggah Video Kemanusiaan Ini Di Instagram, Tamara Bleszynski Mengaku Tidak Mewakili Parpol Manapun

Sambut Hari Bhakti Pemasyarakatan, Lapas Klas IIA Narkotika Tanjungpinang Gelar Aksi Donor Darah

Sinopsis Sinetron Cinta Buta 15 Maret 2019 di SCTV Pukul 18.25 WIB, Nasib Tunangan Aslan dan Rayhan

Kesulitan tentu dirasakan petugas. Apalagi bila kebakarannya berlanjut.

Fenomena yang kadang terjadi, kebakaran lahan terjadi siang, pada saat malam hari, lahan yang sudah dipadamkan mendadak terbakar lagi. Fenomena tersebut seperti jadi tren belakangan.

Terkait data 163 titik kebaran lahan, Naharuddin memastikan semuanya di luar kawasan hutan lindung. Sebelumnya mencuat, hutan lindung di Bintan juga ikut terbakar.

"Sejauh ini belum ada. Yang terbakar ini adanya di daerah Trikora, jalan Gesek, dan Galang Batang. Yang di Galang Batang itu yang terbakar masih terhitung area perkebunan," kata Naharuddin.

Nahar mengatakan, belum bisa menjabarkan terperinci penyebab banyaknya kebakaran lahan di Bintan. Apakah karena faktor kesengajaan atau sebaliknya. Tapi, bila dipikir dengan nalar, tidak mungkin lahan bisa terbakar sendiri. Pasti ada pembakarnya.

"Pembakaran tersebut macam-macam. Apakah dia sengaja, atau tidak sengaja. Sengaja tersebut seperti hendak membuka lahan, mau bersih bersih, ya ditinggalkan, lalu menjalarlah apinya ke lahan lahan lain. Tidak sengaja mungkin, dia sambil berjalan, membuang puntung rokok, ya dia tidak tahu bahwa dia di situ rawan kebakaran sehingga juga jadi kebakaran,"kata Naharuddin.(min)

Penulis: Aminnudin
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved