ANAMBAS TERKINI

Selayang Pandang Dapat Rp 5 M dari Pemprov Kepri, Bupati Anmbas: Dibutuhkan Rp 25 M Setiap Tahun

"Kami menyadari kalau jalan Selayang Pandang ini menjadi salahsatu kebutuhan masyarakat. Namun karena satu dan lain hal, terpaksa kami hanya dapat men

Selayang Pandang Dapat Rp 5 M dari Pemprov Kepri, Bupati Anmbas: Dibutuhkan Rp 25 M Setiap Tahun
TRIBUNBATAM.id/SEPTYAN MULIA ROHMAN
Salah satu warga menlintasi Jalan Selayang Anambas yang berada di Kabupaten Kepulauan Anambas 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengakui kalau pihaknya belum bisa mengakomodir secara penuh dalam merealisasikan pembangunan Selayang Pandang (SP) II.

Alokasi dana yang semestinya sharing 50:50 antara Pemerintah Provinsi Kepri dengan Kabupaten yang anggarannya mencapai Rp 77 miliar dengan sistem tahun jamak, nyatanya hanya sanggup direalisasikan Rp 5 miliar untuk tahun ini.

"Kami menyadari kalau jalan Selayang Pandang ini menjadi salahsatu kebutuhan masyarakat. Namun karena satu dan lain hal, terpaksa kami hanya dapat menganggarkan 5 miliar Rupiah pada tahun ini," ujar Gubernur Kepri, Nurdin Basirun kepada sejumlah awak media Jumat (15/3/2019).

Nurdin pun mengklaim kalau sebelumnya Pemprov Kepri telah menyiapkan anggaran mencapai Rp 15 miliar untuk pembangunan jalan SP ini.

Pemprov Kepri Bawa Langsung Investor ke Anambas, Rencana Akan Beli Ikan Basah

Jadi Generasi Cinta Alquran, Gubernur Kepri Buka STQH VI Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas 2019

Buka STQH, Gubernur Kepri: Anambas Seperti Raja Ampat, Pariwisatanya Miliki Daya Tarik Tersendiri

Kasatpol PP Anambas Bantah Ada Larangan Jualan saat Pembukaan STQ, Delta: Saya Tetap Jualan

Ia pun kemudian berjanji di tahun 2020, pihaknya akan maksimal dalam menganggarkan pembangunan jalan SP II seperti yang sudah disepakati bersama sebelumnya.

‎Hal ini menurutnya penting karena selain merupakan fasilitas penting bagi masyarakat, hal ini menurutnya bertujuan untuk menciptakan pembangunan yang adil serta merata.

"Insya Allah pada tahun 2020 kami akan maksimal dalam menganggarkan pembangunan jalan SP itu," ungkapnya.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris mengatakan, kalau Pemerintah Daerah telah menganggarkan dana sebesar Rp 12,6 miliar untuk pembangunan jalan SP II pada tahun 2019 ini.

Hal ini sesuai dengan komitmen bersama bahwa dalam pembangunan nantinya akan menggunakan sistem sharing dengan besaran 50:50 dengan lama pembangunan yang direncanakan selama tiga tahun.

"Anggaran yang diperlukan per tahunnya mencapai Rp 25 miliar. Dan pembangunannya dimulai pada tahun 2019 ini. Kami berharap agar Pemprov Kepri dapat menunaikan janjinya terkait pembangunan SP ini," ungkapnya.

Kecelakaan Beruntun di Jalan Palembang-Jambi Banyuasin, 3 Truk Terlibat Kecelakaan, 1 Orang Tewas

Penembakan di Selandia Baru, MUI Batam Imbau Umat Islam di Kepri Tenang dan Lakukan Shalat Ghoib

Jasa Air Keliling di Musim Kemarau Menjanjikan di Bintan, Omset Rizal Meningkat dari Hari Biasa

Jaksa Diancam Ditembak, Pelaku Pegang Foto Jaksa Dicky Agar Tidak Salah Target yang Akan Dibunuh

Pembangunan jalan SP begitu menjadi perhatian selain karena kondisinya yang sudah memprihatinkan karena putus paska dihantam gelombang utara, namun juga kondisi pada sejumlah titik dimana tiang pondasi yang sudah tidak kuat lanataran dimakan korosi air laut dan usia.

Kini, jalan darurat berbahan kayu dibuat sementara untuk bisa menghubungkan masyarakat dari Tarempa maupun sejumlah desa di Pulau Siantan.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved