Debat Ketiga Cawapres 2019

Debat Ketiga Cawapres 2019, Ma'ruf Amin akan Inovasi Pelayanan Kesehatan Melalui BPJS dan KIS

"Melalui JKN KIS, kita telah melakukan langkah besar yang inovatif. Melalui JKN KIS kita melakukan upaya asuransi sosial yang besar," ujar Ma'ruf dala

Debat Ketiga Cawapres 2019, Ma'ruf Amin akan Inovasi Pelayanan Kesehatan Melalui BPJS dan KIS
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin berbicara dalam debat ketiga Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam. Peserta debat ketiga kali ini adalah cawapres masing-masing paslon dengan tema yang diangkat adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. 

TRIBUNBATAM.id - Calon wakil presiden nomor urut 01 Kiai Haji Ma'ruf Amin menegaskan, pemerintah sudah melakukan inovasi besar dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Inovasi itu, yakni melalui Jaminan Kesehatan Nasional berupa BPJS dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

"Melalui JKN KIS, kita telah melakukan langkah besar yang inovatif. Melalui JKN KIS kita melakukan upaya asuransi sosial yang besar," ujar Ma'ruf dalam debat ketiga sesi kesehatan di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam.

Debat Ketiga Cawapres 2019, Sandiaga Uno akan Bawa OK OCE Atasi Pengangguran

Debat Ketiga Cawapres 2019, Maruf Amin akan Bentuk Badan Riset Nasional Janjikan Dana Abadi Riset

Polisi Kirim Gegana & Penjinak Bom, Benda Mencurigakan Ditemukan di Rumah Aspirasi Jokowi-Maruf Amin

Rekor Tak Terkalahkan Juventus di Liga Italia Kandas saat Melawan Genoa, Absennya Cristiano Ronaldo?

Ma'ruf mencatat, saat ini sudah 215 juta rakyat menjadi peserta BPJS. Angka itu menjadikan BPJS sebagai asuransi terbesar di dunia.

Sebanyak 96,8 juta orang di antaranya merupakan penerima KIS alias menerima biaya iuran kesehatan dari pemerintah.

"Dengan demikian, sebenarnya pemerintah telah melakukan langkah besar dalam rangka memberikan pelayanan dengan harga murah," ujar Ma'ruf.

Meski demikian, Ma'ruf menegaskan, apabila ia dan calon presiden Joko Widodo memenangkan pemilihan presiden 2019, pemerintah akan ada perluasan, penambahan, penyempurnaan dan meningkatkan apa yang sudah dilakukan pemerintahan saat ini.

Prinsipnya, fasilitas kesehatan harus mudah dijangkau masyarakat, tenaga medis perawat dan dokter harus memberikan pelayanan yang lebih baik dan kepastian akan ketersediaan obat. "Dengan demikian, kami harus meningkatkan layanan ke depan sampai kepada pelayanan yang sempurna," ujar Ma'ruf.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ma'ruf Amin: BPJS dan KIS Akan Disempurnakan"

Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved