Suap Jual Beli Jabatan Kemenag

Geledah Ruang Kerja Menteri Agama, KPK Temukan Dolar dan Rupiah, Nilainya Capai Ratusan Juta

KPK menemukan uang ratusan juta rupiah dalam bentuk rupiah dan dolar Amerika Serikat saat menggeledah ruangan kerja Menteri Agama

Geledah Ruang Kerja Menteri Agama, KPK Temukan Dolar dan Rupiah, Nilainya Capai Ratusan Juta
Tribunnews
Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin menggelar jumpa pers terkait OTT KPK yang melibatkan pejabat Kemenag 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan uang ratusan juta rupiah dalam bentuk rupiah dan dolar Amerika Serikat saat menggeledah ruangan kerja Menteri Agama.

Selain ruang kerja menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, KPK juga memeriksa ruang kerja Sekjen Kementerian Agama dan Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Agama, Senin (18/3/2019).

Penggeledahan terkait penanganan kasus dugaan suap terkait seleksi jabatan yang melibatkan dua pejabat Kemenag di Jawa Timur dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy di Surabaya, Jumat pekan lalu.

KPK melakukan penggeledahan selama tujuh jam di Kantor Kemenag. Selain Kemanag, kantot PPP juga ikut digeledah KPK.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, dari ruang Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, KPK menyita uang dalam pecahan rupiah dan dolar Amerika Serikat.

Dalam pecahan rupiah, hitungan sementara nilainya mencapai Rp 100 juta lebih, sementara uang pecahan dolar Amerika Serikat masih dihitung. 

"Dari ruangan Menteri Agama termasuk juga disita sejumlah uang dalam bentuk rupiah dan dolar Amerika dengan nilai ratusan juta rupiah. Tapi detailnya tentu akan diupdate lebih lanjut," kata Febri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (18/3/2019) malam seperti dilansir Kompas.com.

KPK juga mengamankan dokumen terkait proses seleksi jabatan di lingkungan Kemenag.

KPK akan mempelajari lebih lanjut hasil penyitaan-penyitaan tersebut.

Dalam kasus ini, mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy diduga menerima uang dengan total Rp 300 juta dari dua pejabat Kemenag di Jawa Timur. 

Halaman
123
Editor: Alfian Zainal
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved