BATAM TERKINI

Belum Kenal Caleg Pilihan? Begini Cara Lihat Profil Calon Legislatif Pemilu 2019

Untuk memudahkan para pemilih dalam mencari tahu data calon anggota legislatif nantinya, KPU memberikan kemudahan dalam hal edukasi masyarakat.

Belum Kenal Caleg Pilihan? Begini Cara Lihat Profil Calon Legislatif Pemilu 2019
wahyu indri yatno
dpt pemilu 

Begini Cara Lihat Profil Calon Legislatif Pemilu 2019

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pemilu sebagai pesta demokrasi masyarakat Indonesia segera digelar, tepatnya 17 April 2019 mendatang.

Nantinya, masyarakat akan memilih presiden dan wakil presiden serta memilih calon legislatif untuk mengisi jabatan di DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Untuk memudahkan para pemilih dalam mencari tahu data calon anggota legislatif nantinya, KPU memberikan kemudahan dalam hal edukasi masyarakat.

Masyarakat dapat mengakses portal infopemilu.kpu.go.id melalui pc maupun smartphone, kemudian memilih menu “pileg 2019” untuk mengetahui data-data calon legislatif.

Selanjutnya, akan ditemukan beragam menu informasi yang dapat diakses termasuk daerah pemilihan.

Ketika memilih menu daerah pemilihan, masyarakat dapat menentukan jenis dapil, misalnya DPR, DPRD Provinsi, atau DPRD Kab/Kota. Lalu, masyarakat memilih provinsi serta kabupaten atau kota mana yang hendak dilihat data calon legislatifnya.

Ingin Tahu Nama Caleg di Dapil Anda, Silakan Akses website www.infopemilu.kpu.go.id

Jangan Rusak Alat Peraga Kampanye Caleg, Ada Sanksi Bagi Pelaku, Simak Penjelasan Bawaslu Anambas

Sebelum Nyoblos Pemilu 2019, KPU Batam Ungkap Sejumlah Hal Penting Untuk Diketahui

Diduga Terlibat Skandal Seungri, Netizen Serang Park Han Byul, Ini Permohonan Maaf Park Han Byul

Setelah melakukan penelusuran, data lengkap calon legislatif dapat dilihat di menu Daftar Calon Tetap (DCT) di kolom dapil.

Masyarakat juga dapat menuliskan nama caleg secara manual, kemudian data daftar calon akan muncul berdasarkan susunan alfabet dari partai politik pengusung.

Dari menu DCT tersebut, masyarakat dapat melihat data calon legislatif mulai dari gelar akademis, tempat tanggal/lahir, target/sasaran caleg, pekerjaan, SKCK caleg dan lainnya.

Yenri, salah satu warga Bengkong Harapan mengatakan sangat terbantu dengan adanya website yang disediakan oleh KPU.

“Sangat terbantu sekali. Kita jadi bisa tahu lebih data caleg. Bahkan sampe SKCK nya pun kita bisa liat kan, jadi ya setidaknya kita bisa pertimbangkan mau pilih siapa,” ujarnya Selasa (19/3).

Ia berharap, informasi seperti ini dapat disebar luaskan kepada masyarakat agar dapat mempergunakan hal pilihnya secara bijak.

“Saya rasa hanya sebagian orang saja yang tahu info ini. Ya semoga masyarakat punya rasa ingin tahu yang besar terhadap data caleg sehingga nantintidak salah pilih dan malah golput,” tutupnya. (tribunbatam.id/nabella hastin)

Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved