BATAM TERKINI

Tiap Warga Negara Indonesia Miliki Hak Kepemilikan Tanah, Bagaimana di Batam?

Kepala Kanwil Kemenkumham Kepri mengatakan, dalam undang-undang, setiap warga negara Indonesia mempunyai hak yang sama dalam kepemilikan hak tanah.

Tiap Warga Negara Indonesia Miliki Hak Kepemilikan Tanah, Bagaimana di Batam?
TRIBUNBATAM.ID/ENDRA KAPUTRA
Kepala Kanwil Kemenkumham Kepri, Zaerozi memukul gong tanda dibukanya seminar 'Kupas Tuntas Tentang Pengakuan Hak hak Barat' yang diikuti oleh 100 peserta, di Planet Holiday Batam, Kamis (21/3/2019) 

Tiap Warga Negara Indonesia Miliki Hak Kepemilikan Tanah, Bagaimana di Batam?

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI melalui Kanwil Sumatra Utara menggelar seminar di Batam.

Seminar yang bertemakan 'Kupas Tuntas Tentang Pengakuan Hak hak Barat' ini diikuti oleh 100 peserta yang teridiri dari berbagai kalangan masyarakat.

Melalui Balai Harta Peninggalan (BHP) Medan ini, para peserta akan diberikan wawasan terkait hak Eigendom, Erfpacht, Opstal, dan hak Gebruik.

Seminar yang bertempat di lantai lll Hotel Planet Holiday ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Kepri, Zaerozi dengan pemukulan gong.

Usai membuka acara, Zaerozi menyampaikan, mengapa diadakan di Batam. Sebab, Kota Batam memiliki wilayah FTZ dan dualisme kepemimpinan.

"Selain Batam punya wilayah yang berbeda dengan kabupaten/kota yang ada di Kepri. Batam juga ada dualisme ni. Ada BP Batam dan Pemko Batam," sebutnya, Kamis (21/03/2019).

BREAKINGNEWS - Polresta Barelang Bakal Ekspose Kasus Pembunuhan Roni Oleh Marlin

Hasil Visum Keluar, Polisi Ungkap Penyebab Kematian Gamaliel, Mayat Ditemukan di Lotus Garden Batam

Marlin Dibekuk saat Beli Celana, Polisi Tangkap 6 Pelaku Pembunuhan Roni, Mayat Tangan Terikat

BREAKINGNEWS - Polisi Tangkap Otak Pelaku Pembunuhan Roni, Mayat Tangan Terikat di Tiban Batam

Disebutkannya, permasalahan yang sangat menonjol terjadi di Batam juga tidak terlepas masalah pertanahan itu.

"Maka dari itu, seminar ini sendiri diadakan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat tentang kepemilikan hak," ujarnya.

Ia mengatakan, memang dalam undang-undang, setiap warga negara Indonesia mempunyai hak yang sama dalam kepemilikan hak tanah.

Namun, tetap mengikuti aturan yang berlaku.

"Mudah mudahan dengan seminar ini, masyarakat yang masih belum mengetahui, akan mendapat gambaran bila melakukan penyelesaian terkait pertanahan ini," sebutnya.

Dalam seminar ini, narasumber yang dihadirkan pun di antaranya dari Akademisi dari Universitas Sumatera Utara, BP Batam, Subdit Balai Harta Peninggalan (BHP) Medan, BPN Kepri, dan Pemko Batam.

"Paling tidak dari beberapa narasumber yang hadir, dan menyampaikan materi. Masyarakat yang mengikuti seminar bisa bertanya apa yang biasa menjadi kesulitan dalam persoalan tanah ini," ujarnya.

Seminar ini pun akan usai sampai pukul 13.00 WIB siang. (tribunbatam.id/endra kaputra)

Penulis: Endra Kaputra
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved