ANAMBAS TERKINI

Kacab Kejaksaan Negeri Natuna di Anambas Mengeluh, Hanya Ada 2 Jaksa di Tarempa, Termasuk Dirinya

Masih berstatus Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa, hanya dua jaksa yang bertugas menangani perkara di Anambas

Kacab Kejaksaan Negeri Natuna di Anambas Mengeluh, Hanya Ada 2 Jaksa di Tarempa, Termasuk Dirinya
Tribunbatam/Septyan Mulia Rohman
Kacabjari Natuna di Tarempa, Muhammad Bayanullah 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS -‎ ‎Jumlah jaksa di Anambas jauh dari kata ideal.

Masih berstatus Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa, hanya dua jaksa yang bertugas menangani perkara di Anambas.

Ini belum lagi dengan proses persidangan yang harus dilakukan di Kabupaten Natuna atau ke Tanjungpinang khusus untuk menangani perkara tindak pidana korupsi.

"Untuk jaksa hanya dua orang. Satu orang Kepala Cabang (Kacab) dan satu orang Kepala Sub Seksi (Kasubsi). Ditambah tiga orang pegawai tata usaha," ujar Kacabjari Natuna di Tarempa, Muhammad Bayanullah Minggu (24/3/2019).

Bayan mengatakan, minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pelayanan hukum di Anambas ini, berpotensi menghambat dalam pelaksanaan tugas Negara.

Ini dikarenakan dalam proses persidangan yang harus memberangkatkan tersangka dan alat bukti termasuk para saksi ke pengadilan yang belum ada di Anambas.

Seperti diketahui, untuk memberangkatkan tersangka dan saksi dari Anambas ke Natuna, moda transportasi laut seperti kapal Pelni biasa digunakan.

Persib Bandung ke Batam, Ini Lokasi Beli Tiket & Harganya: 100 Tiket Pelajar SD-SMP; Rp 25 Ribu

GEMPA HARI INI - Gempa 5.7 SR Guncang Poso Minggu (24/3) Jam 08.32 WIB, Berikut Info BMKG

Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2020 Italia vs Finlandia, Debutan 19 Tahun Cetak Gol Italia Menang 2-0

Hari Ini MRT Jakarta Diresmikan, Ulah Penumpang Tidak Tertib Saat Ujicoba Ini Viral di Media Sosial

Minggu Pagi Ini Presiden Jokowi Resmikan MRT Jakarta, Masih Gratis Sampai Tanggal 31 Maret

Moda transportasi udara, menjadi pertimbangan lain bila dirasa mendesak, namun dengan pertimbangan harga tiket yang menembus angka jutaan Rupiah dari Batam menuju Natuna.

"Ini belum lagi dengan kondisi ekonomi masyarakat ketika dihadapkan dengan kewajiban hukum sebagai saksi untuk menghadiri sidang sangat minim karena besarnya biaya."

"Selain membutuhkan biaya yang besar, jumlah personil yang minim ini juga rentan dari sisi keamanan," ungkapnya. ‎

Soal usulan penambahan personil untuk Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa, sebelumnya sempat disampaikan Bayanullah saat tim biro perencanaan Kejaksaan Agung Republik Indonesia berkunjung ke Anambas Kamis (21/3) kemarin berkaitan dengan peningkatan status Kejaksaan Negeri Kepulauan Anambas.

Ia mengatakan kalau penambahan personil yang diperlukan khususnya untuk jaksa di Cabjari Natuna di Tarempa minimal lima orang.

Didampingi Asisten Pembinaan Kejaksaan Tinggi Kepri, ‎Eko Siwi Iriyani Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana pada biro perencanaan Kejaksaan Agung Republik Indonesia mengatakan, kalau proses sidang yang terpaut cukup jauh menjadi salahsatu pertimbangan untuk disampaikan kepada pimpinan. Ia pun menegaskan kalau ‎dalam pelaksanaannya, tidak ada Kejari persiapan, dikarenakan sudah ada Cabang Kejaksaan Negeri di Anambas.

"Ini ada Pak Asbin, mungkin bisa minta jaksa lagi untuk dipindahkan dan membantu dalam rangka kebutuhan untuk penegakan hukum," ungkapnya.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved