VIDEO - Begini Suasana UNBK Di SMK Negeri 2 Batam

Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 2 Batam berjalan dengan efektif.

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 2 Batam berjalan dengan efektif.

Demikian diungkapkan Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Batam, Nursya Bani.

"Di sekolah kita yang mengikuti UNBK atau kelas 12 sebanyak 270 orang. Kita bagi menjadi 3 sesi setiap harinya dengan satu ruangan terdiri dari 20 orang," ujar Nursya, Senin (25/3/2019).

Di tahun ketiga pelaksanaan UNBK ini komputer yang disediakan sebanyak 160 unit dan cadangan komputer 7 unit.

Sesuai schedule, sesi pertama UNBK dimulai dari pukul 08. 00 WIB hingga 09.30 WIB.

"Sesi kedua dimulai dari pukul 10.30 WIB hingga 12.30 WIB. Dan sesi ketiga dari pukul 14.00 WIB hingga 16.00 WIB," katanya.

Ia menambahkan, sebelumnya sewaktu simulasi kendala pihak sekolah adalah persoalan gangguan sinyal dan pemadaman listrik bergilir.

Namun dalam menghadapi UNBK ini, baik Dinas Pendidikan ataupun pihak sekolahnya langsung sudah koordinasi dengan PLN.

"Sudah ada jaminan dari PLN," tuturnya.

Ia berharap hasil UNBK 2019 ini bisa lebih meningkat ketimbang tahun sebelumnya. Pasalnya tahun ini memang siswanya termasuk nilai tertinggi 10 besar se Kepri.

"Alhamdullilah kita sudah masuk 10 besar se Kepri. Mudah-mudahan tahun ini juga," jelasnya.

Di tempat yang sama salah seorang siswa peserta UNBK, Julia yang akan mengikuti gelombang ketiga mengakui dirinya deg-degan. Ia khawatir soal yang diberikan cukup sulit.

"Deg-degan sih kak. Tapi udah persiapkan semuanya, seperti les, rajin ikut simulasi, belajar juga tiap malam. Tadi pagi lagi," ujar Julia.

Selain itu, peserta lainnya Stefani mengatakan dirinya tidak mengikuti Bimbingan Belajar (Bimbel). Hanya mempersiapkan diri UNBK ini dengan cara belajar dirumah.

"Tak ada les kak. Hanya belajar aja dirumah," katanya. (tribunbatam.id/roma uly sianturi)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved