ASET BP BATAM

Agromarina BP Batam Tawarkan Destinasi Wisata Edukasi Untuk Masyarakat

Agromarina BP Batam Tawarkan Destinasi Wisata Edukasi Untuk Masyarakat Kota Batam yang dikenal sebagai daerah industri

TRIBUNBATAM.id - Agromarina BP Batam Tawarkan Destinasi Wisata Edukasi Untuk Masyarakat
Kota Batam yang dikenal sebagai daerah industri ternyata menyimpan potensi agrowisata edukasi yang menarik.

Sejumlah destinasi wisata baru terus bermunculan menjadikan Kota Batam sebagai pintu masuk wisatawan asing ketiga terbesar di Indonesia setelah Bali dan Jakarta, melihat peluang tersebut BP Batam berusaha memberikan sesuatu yang berbeda bagi para wisatawan dengan membuat destinasi wisata baru yang unik dan belum pernah ada di Kota Batam.

Agrowisata Marina Badan Pengusahaan Batam rutin menggelar pesta panen padi dan mengajak masyarakat Batam melakukan hal-hal seru seperti memanen padi hingga menangkap ikan.

Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati hijaunya tanaman dan segarnya udara pertanian sambil belajar. Indahnya panorama alam pertanian dan nuansa khas alam Indonesia, akan memberikan pengalaman yang menyenangkan khususnya bagi anak-anak.

Para siswa belajar cara memanen padi didampingi oleh pengelola Agromarina BP Batam
Para siswa belajar cara memanen padi didampingi oleh pengelola Agromarina BP Batam (TRIBUNBATAM)

Terletak di kawasan Tanjung Riau, Sekupang, Batam, wisata Agromarina memiliki luas 116 hektar, didalamnya terdapat 200 tenant wisata contohnya kebun jambu, kebun belimbing, tambak ikan, penangkaran lebah dan sebagainya.

Pertengahan Februari 2019 lalu, warga dan anak sekolah menyerbu event Panen Padi yang digelar oleh pengelola Agrowisata Marina BP Batam bekerjasama dengan Kebun Jambu Madu Batam.

Selain mengikuti kegiatan panen padi,dalam kunjungan tersebut para siswa di berikan edukasi mengenai buah lokal antara lain tentang pengertian buah lokal, cara membudidayakan tanaman buah tersebut dan membandingkan kualitas buah lokal yang ada di kebun percontohan agribisnis kawasan Agromarina BP Batam tidak kalah dengan buah yang di tanam di daerah lain.

“Saat ini padi sudah habis dipanen. Selanjutnya untuk penanaman kembali akan diadakan Pesta Tanam Padi yang melibatkan masyarakat umum dan anak sekolah mulai tanggal 9 sampai 31 Maret 2019”, kata Pengelola Kawasan Agromarina, Irfan Widyasa Kamis (28/2).

Irfan Widyasa mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini jarang ada di Kota Batam,selain mendakan kegiatan menanam padi, ada banyak kegiatan edukasi menarik yang bisa diikuti oleh peserta.
“Ada tour ke kebun jambu madu, jeruk gerga, belimbing jumbo. Lalu tour ke kolam ikan gurami, ikan mujair, ikan sepat siam. Ada juga tour edukasi kenalan sama lebah ramah yang tidak menyengat”, kata Irfan.

Acara Panen Padi Menyajikan Santap Siang Ala Petani
Acara Panen Padi Menyajikan Santap Siang Ala Petani (TRIBUNBATAM)

Di awal acara para pengunjung diajak untuk menikmati Garden Tour, melihat indahnya tumbuhan hijau dan buah-buahan seperti jambu madu deli hijau serta pengunjung juga disuguhkan sarapan kecil ala kampung berupa ubi rebus dan jagung rebus.

Halaman
123
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved