BINTAN TERKINI

BKPM Kembangkan Perizinan Sistem OSS, Wabup Bintan: Saya Tak Mau Dengar Keluhan Izin Usaha Susah

"Sistem ini lebih dikenal dengan pelayanan terintegrasi secara elektronik. Kemarin ini diluncurkan pemerintah pusat melalui BKPM. Peluncuran ini ditin

BKPM Kembangkan Perizinan Sistem OSS, Wabup Bintan: Saya Tak Mau Dengar Keluhan Izin Usaha Susah
TRIBUNBATAM.id/AMINUDDIN
Wabub Bintan Dalmasru Syam bersama Kadis Penaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bintan Hasfarizal Handra saat menghadiri sosialisasi Perizinan OSS, Selasa (26/3/2019) 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus mengembangkan sistem perizinan Online Single Submission (OSS).

Di Bintan, Selasa (26/3/2019), sistem perizinan OSS ini disosialisasikan ke sejumlah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Bintan di Hotel Bhadra Resort.

Banyak pelaku UMKM hadir demi mendapatkan pemahaman seperti apa sistem tersebut.

"Sistem ini lebih dikenal dengan pelayanan terintegrasi secara elektronik. Kemarin ini diluncurkan pemerintah pusat melalui BKPM. Peluncuran ini ditindaklanjuti dengan PP No 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha terintegrasi secara elektronik,"kata Hasfarizal Handra, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bintan.

Mattel Memberikan Tampilan Pertama yang Menyenangkan Pada BTS Fashion Dolls, Ini Penampakannya

Harga Tiket Mahal, Tiap Hari 8 Hingga 12 Penerbangan dari Bandara Hang Nadim Dibatalkan

Ammar Zoni & Irish Bella Segera Menikah, Marcel dan Suci Cinta Suci akan Lakukan Ini Saat Ramadhan

Berbekal Garpu Rumput, Pria Ini Bunuh Harimau yang Menerkam Sapinya, Begini Awal Kejadiannya

Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam mengatakan, perizinan satu pintu secara online di DMPTSP terus mereka gencarkan dan sosialisasikan ke pelaku usaha.

Namun, meski sudah diterapkan, tidak semua bisa paham dengan sistem perizinan OSS.

"Mungkin pengusaha besar, sudah paham. Tapi di usaha rumah tangga mungkin masih ada yang belum. Makanya hari ini kita melalui Dinas PTSP mengundang pelaku usaha terutama sektor mikro kecil menengah," kata Dalmasri.

Menurut Dalmasri, perizinan terintegrasi online merupakan cara pemerintah daerah memberikan fasilitas kemudahan. Termasuk juga kemurahan pembiayaan, percepatan pengurusan izin.

Pemda sangat ingin membangun UMKM berbasis kerakyatan dengan lebih baik. Salah satunya melalui kemudahan perizinan.

"Kita tidak ingin lagi ada keluhan, yang disampaikan pelaku usaha terkhusus pelaku usaha kecil. Mereka mengeluh terhadap pengurusan izin, kita tak mau lagi dengar,"kata Dalmasri.

Lebih lanjut ditegaskan Dalmasri, pihaknya tidak mau lagi dalam pengurusan izin, setiap OPD, termasuk di level kecamatan, kelurahan, bahkan kepala desa menjalankan aturan perizinan sendiri sendiri sehingga menerbitkan izin masing masing. Dengan perizinan terintegrasi secara online melalui satu pintu PTSP, maka semua seragam dan satu pintu.

"Sehingga pelayanan lebih cepat lebih mudah. Di PTSP, sudah disiapkan, perangkatnya, yaitu komputer. Saya tanya orang PTSP, ada berapa komputer disiapkan buat izin OSS ini, mereka bilang ada 6 unit. Itu sudah komplit, jadi gak susah susah," kata Dalmasri.(min)

Penulis: Aminnudin
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved