ANAMBAS TERKINI

Ganggu Aktivitas Penerbangan, Kasatpel Letung Anambas Sayangkan Warga Buka Lahan di Sekitar Bandara

"Dalam kurun waktu sebulan ini sudah dua kali. Anggota yang turun tadi memang tidak banyak untuk memadamkan api sehingga asap itu tidak kembali muncul

Ganggu Aktivitas Penerbangan, Kasatpel Letung Anambas Sayangkan Warga Buka Lahan di Sekitar Bandara
TRIBUNBATAM.id/ISTIMEWA
Maskapai komersil yang ada di Bandara Letung Desa Bukit Padi, Kecamatan Jemaja Timur. 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Kepala Satuan Pelayanan ‎(Kasatpel) Bandara Letung menyayangkan adanya aktivitas yang dilakukan sejumlah warga dalam membuka lahan yang dikhawatirkan berdampak pada aktivitas penerbangan.

Menurutnya, asap yang ditimbulkan dari aktivitas membuka lahan dengan cara membakar semak, dikhawatirkan dapat mengganggu operasional bandara yang berlokasi di Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur ini.

"Menyayangkan saja warga sekitar area bandara yang belum memahami tentang itu," ujar Ariadi Widiawan saat menghubungi melalui sambungan seluler Selasa (26/3/2019). ‎

Ia kemudian menjelaskan kalau personel di bandara sampai turun tangan untuk memadamkan api yang menurutnya ditimbulkan dari aktivitas membuka lahan.

Ariadi mengatakan kalau ada beberapa lahan yang bersinggungan dengan area sekitar bandara seperti di daerah Batu Berapit dan Pasiran di Pulau Jemaja yang membuka lahan.

Kapal Pelni KM Awu Terbakar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Nikita Willy ke Rumah Aslan, Rizky Aditya Marah dan Tulis Ini di Instagram, Aulia Menangis?

Trailer Film John Wick 3 - Parabellum, Saat Yayan Ruhian & Cecep A Rahman Hajar

Uang Rp 80 Juta Milik Bos Sembako lenyap Dalam 10 Menit, Dua Pelaku Masuk Dengan Merusak Pintu Rumah

"Dalam kurun waktu sebulan ini sudah dua kali. Anggota yang turun tadi memang tidak banyak untuk memadamkan api sehingga asap itu tidak kembali muncul. Hanya susahnya mobil itu damkar untuk masuk ke lokasi itu. Sehingga, kami harus memadamkan secara manual," ungkapnya.

Meski begitu mengkhawatirkan asap yang ditimbulkan menganggu operasional bandara khususnya untuk penerbangan, namun ia memastikan kalau untuk saat ini aktivitas penerbangan ‎dari dan ke Bandara Letung tidak terganggu.

Ia kemudian mencontohkan pesawat Air Fast yang mengangkut penumpang menuju Pulau Bawah dapat mendarat dengan normal, begitu pula dengan maskapai komersil semisal Wings Air dari Batam ke Letung.

Ia pun berencana untuk melakukan sosialisasi dengan menggandeng Camat dan sejumlah Kepala Desa untuk mensosialisasikan aturan undang undang berkaitan mengenai hal ini.

Menurutnya, hal ini penting untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat.

"Solusinya seperti itu. Karena ada aturannya. Jangankan itu, menaikkan layang-layang pun tidak boleh. Kemudian drone di sekitar area bandara," bebernya.

‎Dibagian lain, Umar Kepala Desa Batu Berapit Kecamatan Jemaja terkejut ketika dikonfirmasi soal adanya aktivitas warga yang membuka lahan serta dikhawatirkan mengganggu jalannya penerbangan di Bandara Letung.

Ia kemudian mengatakan kalau lokasi desa yang ia pimpin, jauh dari Bandara Letung yang berlokasi di Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja.

"Sampai hari ini belum dapat informasi. Ini saya lihat tidak ada asap. Coba saya kroscek. Barang kali, bisasaja warga kami yang kebetulan kerja di lahan milik warga. Tapi, coba saya kroscek dulu," ungkapnya.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved