TANJUNGPINANG TERKINI

Ungkap Kasus Narkotika, Seperti Ini Pemeriksaan BC Terhadap Barang Ekspedisi

"Ia pasti sebelum barang naik ke pesawat kita periksa. Kita fokusnya ke barang. Kalau penumpang tidak ya. Kita punya teknik sendiri yang tidak kita bi

Ungkap Kasus Narkotika, Seperti Ini Pemeriksaan BC Terhadap Barang Ekspedisi
istimewa
Ilustrasi sabu-sabu 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Terungkapnya kasus narkotika di bandara Raja Haji Fisiabiliah (RHF) Tanjuhngpinang dengan jumlah yang cukup besar sudah beberapa kali dilakukan.

Tahun sebelumnya, pihaknya juga menungungkap sabu 5 Kilogram dan ribuan pil ekstasi yang akan dikirim melalui bandara RHF menuju ke daerah Pulau Jawa.

Lalu bagaimana prosedur pengecekan barang yang dilakukan oleh Bea Dan Cukai Tanjungpingpinang dan Avsec serta kepolisian di bandara.

Kepala bea dan cukai (BC) Tanjungpinang Sodikin menuturkan pengecekan barang baik lewat X Ray dan secara manual dilakukan agar barang yang keluar. Tujuannya Agar barang yang dikirim ke tempat tujuan steril dari barang larangan.

Waspada, Bintik Putih di Kuku Ternyata Jadi Pertanda 5 Penyakit Mematikan Ini

Ketahuan Penyebabnya, Simak 6 Fakta di Balik Viralnya Siswa SD Didorong Wanita Keluar Mobil

Jadwal, Klasemen & TopSkor Liga Italia Pekan ke 29, Duel Quagliarella vs Piatek, Ronaldo Absen?

Kecelakaan Pesawat Paling Mematikan! Mendadak Datang Kabut, 2 Pesawat Bertabrakan Lalu Meledak

"Ia pasti sebelum barang naik ke pesawat kita periksa. Kita fokusnya ke barang. Kalau penumpang tidak ya. Kita punya teknik sendiri yang tidak kita bisa ungkap secara detil. Ini untuk menghindari para pelaku tau teknik kita saat melakukan pemeriksaan," kata Sodikin di Tanjungpinang, Jumat (29/3/2019).

Sementara itu terpisah beberapa ekspedisi pengiriman barang mengaku tak semua barang yang dikirim oleh pengirim diperiksa.

Salah seorang petugas ekspedisi bernama Uli ekspedisi di Tanjungpinang mengaku baru memeriksa jika terjadi kecurigaan barang yang akan dikirim.

"Kalau barang sudah dibungkus Orang itu bilang barang ini tak mungkin kita bongkar. Kecuali kalau kita curiga barang yang dikirim tidak wajar, baru kita pilih untuk tolak saja," katanya.

Adapun pemeriksaan yang dilakukan diserahkan oleh pihak BC di lokasi penyeberangan, baik melalui pesawat maupun pelabuhan. Namun ada juga beberapa ekspedisi yang telah melengkapi dengan pemeriksaan mesin untuk mengantisipasi terjadinya penolakan pada pemeriksaan pihak BC.(wfa)

Penulis: Wahib Wafa
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved