TANJUNGPINANG TERKINI

Baru Satu Mantan Pejabat yang Kembalikan Mobil Dinas, Kejati Minta Pemprov Kepri Lebih Aktif

Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri (Kajati) Kepri Edi Birton SH MH menuturkan mestinya Pemrov Kepri lebih aktif dalam menindaklanjuti persoalan tersebut

Baru Satu Mantan Pejabat yang Kembalikan Mobil Dinas, Kejati Minta Pemprov Kepri Lebih Aktif
Tribunbatam.id / Wahib Wafa
Kajati Kepri Edi Birton 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Hingga kini belum ada kejelasan status aset pemerintah provinsi Kepri terkait sejumlah mobil dinas yang masih dikuasai mantan pejabat Pemprov Kepri.

Dari 19 mobil berbagai merek dari Alphard, Camry hingga Inova baru satu yang telah dikembalikan.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri (Kajati) Kepri Edi Birton SH MH menuturkan mestinya Pemrov Kepri lebih aktif dalam menindaklanjuti persoalan tersebut.

Tindakan tegas dalam menarik kembali aset dikuasai kepada orang yang tak berhak menjadi kewenangan penuh Pemrov Kepri.

"Ia meskinya Pemrov (lebih aktif). Kita sifatnya menunggu Pemrov Kepri untuk memberikan SKK (Surat Kuasa Khusus) kepada kita untuk menarik kembali aset-asetnya. Sampai sekarang kita Kejati belum menerima SKK dari Pemrov ," kata Edi Birton dikonfirmasi Tribunbatam, Kamis (4/4/2019).

Lebih lanjut permasalahan tersebut sejauh ini pihaknya melihat masih dalam tatanan masalah di bidang Perdata dan Tata Usaha Negera (Datun).

Banyak Kisah Menyertai Kepulangan Pekerja Imigran ke Indonesia, Ini Kesaksian Humas BP3TKI

Hasil Malaysia Open 2019- Jonatan Christie Singkirkan Unggulan 1, Ahsan/Hendra Menang dalam 24 Menit

Jadwal Leg 2 Semifinal Piala Presiden 2019, Kalteng Putra & Madura United Tuan Rumah

4 Link Live Streaming Badminton Malaysia Terbuk 2019, Jonatan Christie Lawan Unggulan 1

Sehingga melalui bidang Datun Kejati Kepri, pihaknya dapat menarik kembali sejumlah aset mobil yang berada di tangan eks para pejabat dan juga menjadi inventaris lembaga non pemerintahan.

"Kita melihat ini masih pada masalah Perdata. Sehingga kita menunggu SKK dan nanti bidang Datun yang akan menarik kembali. Tapi kita juga belum terima SKK. Tanyakan saja ke Pemprov kenapa tak buatkan SKK buat kita agar kita cepat melakukan penarikan kembali," kata Kajati.

Pihaknya menyayangkan aset pemerintah digunakan tidak sebagaimana mestinya.

Sejumlah langkah untuk menarik kembali aset tersebut, Kejati juga telah memberikan arahan dan bimbingan kepada Pemprov tentang cara dan bagaimana yang harus dilakukan.

"Kita sudah bukakan pintu untuk Pemrov Kepri. Harusnya seperti itu (lebih aktif). Kita sudah kasih masukan dan saran," ujar pria mantan Wakajati Jawa Timur ini.

Data berapa dan jenis mobil serta siapa saja yang menguasainya juga belum diketahui sebelum ada SKK diberikan dari Pemprov.

Sebelumnya sebanyak 19 mobil mulai dari Alphard, Camry hingga Inova masih berada di tangan eks para pejabat yang kini masih dikuasai mantan pejabat dilingkup Pemprov Kepri.

Tak hanya itu Pemrov Kepri juga meminjamkan sejumlah mobil kepada lembaga non pemerintah atau ormas. (wfa)

Penulis: Wahib Wafa
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved