BERITA DINAS KESEHATAN

Sebanyak 2.555 Orang dengan HIV/ADIS di Kepri Mendapatkan Pengobatan Anti Retroviral (ARV)

Untuk orang-orang yang terinveksi HIV/AIDS ini Kementerian Kesehatan RI telah menetapkan sejumlah rumah sakit sebagai rujukan

Sebanyak 2.555 Orang dengan HIV/ADIS di Kepri Mendapatkan Pengobatan Anti Retroviral (ARV)
DOK DINAS KESEHATAN KEPRI
Kegiatan Bidang P2 (Pengendalian Penyakit) PERTEMUAN VALIDASI DATA PROGRAM HIV-AIDS KABUPATEN/KOTA SE PROVINSI KEPRI 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG  - Virus imunodifisiensi manusia atau human immunodeficiency virus, atau biasa dikenal dengan HIV termasuk masalah kesehatan yang ada di provinsi Kepulauan Riau.

Berdasarkan laporan System Informasi HIV-AIDS (SIHA) tahun 2018 diketahui bahwa dari 45.676 orang melakukan pemeriksaan HIV, ditemukan kasus HIV sebanyak 1.033 orang, dan AIDS sebanyak 303 orang.

Untuk orang-orang yang terinveksi HIV/AIDS ini Kementerian Kesehatan RI telah menetapkan sejumlah rumah sakit sebagai rujukan.

Rumah sakit rujukan ini ditetapkan melalui  Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 780/MENKES/SK/2011.

Penetapan rumah sakit rujukan bagi orang dengan HIV ini bertujuan untuk memberikan pengobatan Anti Retroviral (ARV) bagi ODHA (orang dengan HIV/AIDS).

Berdasarkan data SIHA bulan Desember 2018, menunjukkan Kepri telah memiliki 10 layanan perawatan dukungan dan pengobatan (PDP), dimana jumlah ODHA yang mendapatkan ARV berjumlah 2.555 orang.

Kegiatan Bidang P2 (Pengendalian Penyakit) PERTEMUAN VALIDASI DATA PROGRAM HIV-AIDS KABUPATEN/KOTA SE PROVINSI KEPRI
Kegiatan Bidang P2 (Pengendalian Penyakit) PERTEMUAN VALIDASI DATA PROGRAM HIV-AIDS KABUPATEN/KOTA SE PROVINSI KEPRI (DOK DINAS KESEHATAN KEPRI)

Deteksi Dini Tuberkulosis, Dinas Kesehatan Kepri Gelar Sosialisasi di SMKN 1 Tanjungpinang

Melalui dana APBN tahun 2019 Dinas kesehatan Provinsi Kepri melalui seksi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular, juga melakukan Pertemuan Validasi data Program HIV-AIDS Kabupaten/Kota se Provinsi Kepri.

Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dalam kegiatan ini mengharapkan peserta berperan aktif melakukan diskusi dan validasi data prograam menggunakan aplikasi SIHA tersebut. (adv)

Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved