Amerika Sasar Perang Tarif dengan Uni Eropa, Tarif Impor Keju dan Wine

Perang tarif kembali digaungkan Amerika Serikat terhadap produk impor.

Amerika Sasar Perang Tarif dengan Uni Eropa, Tarif Impor Keju dan Wine
Thinkstock.com
Ilustrasi dollar AS 

TRIBUNBATAM.id - Perang tarif kembali digaungkan Amerika Serikat terhadap produk impor.

Kali ini Amerika Serikat menyasar perang tarif produk impor dengan Uni Eropa.

Amerika Serikat tengah mempertimbangkan menerapkan tarif 11 miliar dollar AS bagi produk impor Uni Eropa sebagai salah satu bentuk balasan atas terungkapnya kebijakan subsidi yang diberikan Uni Eropa untuk pabrikan pesawat Airbus.

Seperti dikutip dari BBC, Rabu (10/4/2019) Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO) pun mengangkapkan, subsidi tersebut ternyata merugikan Amerika Serikat.

Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat (USTR) pun saat ini tengah mewacanakan untuk menerapkan tarif kepada beberapa produk impor Uni Eropa seperti keju dan wine.

Namun, pihak Uni Eropa menilai, rencana penerapan tarif sebesar 11 miliar dollar AS tersebut berlebihan.

Jadwal Final Piala Presiden 2019 Leg 2 Arema FC vs Persebaya di Kanjuruhan Malang, Jumat, 12 April

Kondisi Bayi saat Mayat Ibu Hamil 9 Bulan Ditemukan di Tepi Tol Jagorawi

Dengan penerapan tarif tersebut akan menandai dimulainya aksi saling balas (retaliasi) tarif antara Amerika Serikat dengan Uni Eropa.

"Kasus ini telah dalam proses pengadilan selama 14 tahun, dan sudah tiba saatnya untuk bertindak. Pemerintah sedang bersiap untuk menanggapi segera ketika WTO mengeluarkan temuannya pada nilai tindakan balasan AS," kata Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer.

"Tujuan utama kami adalah mencapai kesepakatan dengan UE untuk mengakhiri semua subsidi WTO yang tidak konsisten untuk pesawat sipil besar. Ketika UE mengakhiri subsidi berbahaya ini, tugas tambahan AS yang diberlakukan sebagai tanggapan dapat dicabut," lanjut dia.

Uni Eropa pun siap untuk membalas, jika memang AS benar-benar memberlakukan kebijakan tarif tersebut. Dikutip dari Foxbusiness, mereka juga menuduh AS telah memberikan subsidi ilegal kepada produsen pesawat mereka Boeing.

Daniel Rosario, juru bicara Komisi Eropa, mengatakan badan pemerintahan Eropa tetap terbuka untuk diskusi, asalkan mereka tidak dihadapkan pada syarat-syarat tertentu.

"Komisi memulai persiapan sehingga Uni Eropa dapat segera mengambil tindakan berdasarkan keputusan arbiter mengenai hak pembalasan dalam kasus ini," kata Rosario.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perang Tarif Kembali Terjadi, Kini Amerika Serikat Sasar Uni Eropa"

Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved