BATAM TERKINI

Bawaslu Batam Imbau Peserta Pemilu Taati Aturan Masa Tenang, Langgar Aturan Terancam Pidana Pemilu

Komisioner Bawaslu Batam, Nopialdi menegaskan dalam masa tenang ini pun, hal yang harus ditaati peserta pemilu adalah penertiban APK peserta pemilu

Bawaslu Batam Imbau Peserta Pemilu Taati Aturan Masa Tenang, Langgar Aturan Terancam Pidana Pemilu
TRIBUNBATAM.id/ALFANDI SIMAMORA
Anggota Bawaslu Kota Batam, Nopialdi 

TRIBUNBATAM.id BATAM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam menghimbau agar peserta pemilu menaati tahapan masa tenang.

Bagi peserta pemilu yang melanggar hal tersebut, akan dikenakan sanksi pidana yang tertuang dalam Peraturan KPU RI No 7 Tahun 2019 Tentang Perubahan ketiga atas Peraturan KPU No 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019.

Komisioner Bawaslu Batam, Nopialdi menegaskan dalam masa tenang ini, hal lain yang harus ditaati peserta pemilu adalah penertiban APK peserta pemilu.

"Apabila tidak ditertibkan sampai batas waktu yang telah ditentukan, yakni sehari sebelum pemungutan suara, maka dikategorikan sebagai pelanggaran pidana pemilu," sebutnya, Minggu (14/04/2019).

Dalam pasal 492 peraturan KPU tersebut berbunyi, setiap orang yang dengan sengaja melakukan Kampanye Pemilu di luar jadwal oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota untuk setiap Peserta Pemilu sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 276 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak Rp.12.000.000,00 (dua belas juta rupiah).

Terpeleset ke Sungai, Bocah 5 Tahun Ini Diterkam Buaya, Sampai Kini Belum Ditemukan

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Minggu Dinihari WIB Tadi, Ini Imbauan BPPTKG Untuk Warga Terdekat

Selama Masa Tenang, Panwaslu Anambas Lakukan Patroli Malam Secara Intensif, Ini Tujuannya

"Sesuai himbauan surat edaran Bawaslu. Mulai hari ini sampai tanggal 16 April kedepan melakukan patroli pengawasan selama masa tenang ini," tegasnya.

Sebab, pada masa tenang ini semua bentuk Alat peraga kampanye agar diturunkan, serta dibersihkan oleh partai politik dan tim kampanye pilpres, termasuk yang terpasang di Sekretariat parpol dan sekretariat Tim kampanye pilpres.

"Kita himbau peserta pemilu menaati aturan tersebut, sehingga proses pemilu dapat berlangsung dengan aman, tertib dan berkualitas," sebutnya.(dra)

Penulis: Endra Kaputra
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved