PEMILU 2019

Ada Warga Tak Bisa ke TPS Karena Sakit, Wabup Anambas Telepon Anggota KPU

"Saya menunggu sampai jam 11 lewat. Sampai siang lewat jam 1 belum juga bisa mencoblos gara gara kekurangan kertas suara,"kata Rasidah, seorang warga

Ada Warga Tak Bisa ke TPS Karena Sakit, Wabup Anambas Telepon Anggota KPU
TRIBUNBATAM.id/SEPTYAN MULIA ROHMAN
Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra (baju putih) saat meninjau TPS IV di Dusun Luap Desa Nyamuk Kecamatan Siantan Timur Rabu (17/4/2019). Tribun/Septyan Mulia Rohman. 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Wan Zuhendra langsung menelepon Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Anambas Jufri Budi.

Langkah yang diambil bukan tanpa alasan. Ia ingin mendapat petunjuk saat meninjau TPS IV di Dusun Luap Desa Nyamuk Kecamatan Siantan Timur‎ dimana KPPS ingin mendatangi dua pemilih yang diketahui terdaftar pada DPT, namun tidak bisa datang ke TPS karena sakit.

Sayangnya, niat KPPS mendatangi pemilih yang sakit ini baru dilakukan setelah waktu menunjukkan lewat pukul satu siang.

"Oh, tidak boleh. Tapi sebentar, bisa sama-sama jelas. Saya telepon pihak KPU. Biar Bapak dan Ibu mendengar juga," ujarnya Rabu (17/4/2019).

Dalam percakapan sambungan seluler yang dapat didengar oleh orang lain itu, diketahui kalau batas waktu yang diberikan bagi KPPS mendatangi pemilih yang sakit itu diberikan antara pukul 12.00 sampai pukul 13.00 WIB. ‎

Pemilih itu baru bisa menggunakan hak pilihnya apabila datang langsung ke TPS.

Hasil Akhir Kaya FC vs PSM Makassar Skor 1-2 di Piala AFC 2019, Juku Eja Menang

Hasil Akhir Kaya FC vs PSM Makassar, Diwarnai 2 Kartu Merah, PSM Menang 2-1

Bupati Bintan Apri Sujadi Mencoblos di TPS 60 Kijang Bareng Istri

"Sama-sama kita dengar ya. Maksud saya, jangan sampai hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi. Seperti digugat misalnya," ungkapnya.

Tidak hanya ke Desa Nyamuk, Wakil Bupati bersama rombongan yang terdiri dari perwakilan Kejaksaan, TNI, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ‎juga mengunjungi TPS di desa lainnya mulai dari Desa Air Putih, Serat, Munjan serta Desa Batu Belah.

Dalam setiap kunjungannya memantau TPS, Wan begitu aktif dalam menanyakan kepada masyarakat apakah yang bersangkutan sudah mendaftarkan diri untuk menggunakan hak pilihnya.

Beberapa dari mereka, mayoritas sedang mengantre untuk mendaftarkan diri ke TPS sesuai dengn form model C6 KPU yang mereka terima.

"Sudah daftar belum. Ayo daftar segera. Daftar ya," ungkapnya.

Selain Wakil Bupati, pemantauan situasi Pemilu juga terbagi ke sejumlah kecamatan.

Bupati Anambas diketahui bergerak ke Kecamatan Siantan dan sekitarnya. Sementara untuk Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur ‎dikoordinir oleh Asistem III Setdakab Anambas, Yendi.

Camat Siantan Timur Abdul Kadir mengatakan terdapat 13 TPS yang tersebar di enam desa.

Ia berharap, kondisi pemilu di wilayahnya dapat berjalan dengan aman dan kondusif. "Insya Allah aman dan kondusif," ungkapnya.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved