Pasar Ekspor Baru Kepri ke Kazakhstan, Barang Konsumsi dan Elektronik

Kepri punya pasar baru untuk tujuan ekspor non migas yakni dengan tujuan Kazakhstan, yang merupakan negara pecahan Uni Soviet.

Pasar Ekspor Baru Kepri ke Kazakhstan, Barang Konsumsi dan Elektronik
TRIBUNBATAM.id/ARGIANTO
Kepala BP Batam Edy Putra Irawady 

TRIBUNBATAM.id - Kepri punya pasar baru untuk tujuan ekspor non migas yakni dengan tujuan Kazakhstan, yang merupakan negara pecahan Uni Soviet.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Edy Putra Irawady, saat menyampaikan progres perkembangan ekspor dari Batam ke luar negeri.

Edy mengatakan, ada perubahan pola ekspor untuk periode Januari-Maret 2019 dibanding periode sama tahun lalu. Meskipun Singapura tetap berada di urutan pertama tujuan ekspor dari Kepri.

"Karena ada pasar baru dari Kazakhstan untuk barang konsumsi. Seperti elektronik dan pakaian jadi," kata Edy, baru-baru ini.

Dikatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri, ekspor ke Kazakhstan mengalami peningkatan hingga 191.965 persen (yoy).

Pada Februari lalu, nilai ekspor ke Kazakhstan tercatat sebesar 50,31 juta US dolar.

Jelang Tayang, Sutradara Avengers: Endgame Rilis Surat Terbuka Ini Bagi Si Tukang Spoiler!

2 Pemain Baru Persib Bandung Itu Adalah Artur Gevorkyan & Achmad Jufriyanto, Ini Nomor Punggungnya

Angka ini meningkat pada Maret, yakni senilai 53,68 juta US dolar. Nilai ekspor Januari-Maret tercatat sebesar 104 juta US dolar. Sementara pada periode sama tahun lalu, nilai ekspornya tak sampai ke angka 1 juta US dolar. Nilai ekspor Januari-Maret 2018 Kepri ke Kazakhstan, 0,06 juta US dolar.

"Selain Kazakhstan, ada peningkatan (nilai ekspor) juga ke Swiss," ujarnya.

Yakni sebesar 364,93 persen (yoy), dan diperkirakan untuk barang konsumsi. Pada periode Januari-Maret, nilai ekspor ke Swiss tercatat sebesar 48,54 juta US dolar.

Sementara pada periode sama tahun lalu, nilainya 21,75 juta US dolar.

Song Joong Ki Memancarkan Pesona Kasar Dalam Foto Pertama Drama Mendatang Arthdal ​​Chronicles

AFC CUP 2019 - Jadwal Matchday 4 Persija Jakarta di AFC Cup 2019, Jamu Ceres Negros di Jakarta

Adapun 10 negara dengan nilai ekspor tinggi di Kepri saat ini, yakni Singapura, kemudian Tiongkok, Malaysia, Kazakhstan, Amerika Serikat, Spanyol, Swiss, Belanda, Bangladesh, dan Thailand.

"Kita juga senang. Karena untuk ekspor bahan kimia organik, naik signifikan 94,21 persen (yoy)," kata Edy. (tribunbatam.id/dewiharyati)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved