BATAM TERKINI

SMK Putra Jaya School Batam Cetak Siswa Berprestasi dan Siap Kerja

SMK Putra Jaya School Batam memiliki lima program kejuruan atau jurusan. Yakni Tata Kecantikan, Analis Kesehatan, TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan),

SMK Putra Jaya School Batam Cetak Siswa Berprestasi dan Siap Kerja
TRIBUNBATAM/DEWI HARYATI
SMK Putra Jaya School Batam Cetak Siswa Berprestasi dan Siap Kerja 

Laporan Tribun Batam, Dewi Haryati

TRIBUNBATAM.id, BATAM - SMK Putra Jaya School Batam memiliki lima program kejuruan atau jurusan. Yakni Tata Kecantikan, Analis Kesehatan, TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan), Farmasi dan Keperawatan. Dari ke lima program ini, TKJ, Farmasi, dan Keperawatan menjadi jurusan yang banyak diminati siswa saat ini.

Sejak hadir di Batam pada 2012 lalu, sekolah yang bernaung di Yayasan Putra Jaya Batam ini telah banyak mencetak siswa berprestasi. Baik secara akademik dan non akademik.

"Tahun pelajaran 2017-2018, siswa kami juara LKS (Lomba Kompetensi Siswa) untuk jurusan Farmasi dan Keperawatan," kata Kepala SMK Putra Jaya School Batam, Rukiyah Syah, ST, Sabtu (20/4).

Tahun sebelumnya, pada 2016, perwakilan siswa juga menjuarai O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) untuk cabang olahraga catur dan karate.

"Pramuka juga termasuk yang menonjol. Terakhir, siswa meraih juara 1 lomba pionering di Mal Botania 2, baru-baru ini, dan untuk dance-nya juara 3," ujarnya.

Tata Cara Sholat dan Puasa Sunnah Nisfu Syaban, Niat, Doa, Amalan Serta Manfaatnya

CATAT! 7 Cara Ini Dapat Mencegah Penyakit Kanker, Satu di Antaranya Rajin Minum Kopi

Berikut Tips Nonton Film Avengers: Endgame yang Berdurasi Sampai 3 jam, Tayang 24 April 2019

Lulusan SMK Putra Jaya School Batam, kini banyak yang sudah bekerja di instansi bergengsi. Ada juga yang saat ini bekerja sambil melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Tidak hanya di sekitar Batam, tetapi di luar Batam.

"Untuk Farmasi, banyak yang diterima di Kimia Farma, keperawatan di klinik, TKJ, ada yang bekerja di BP Batam, toko komputer. Kami konsennya memang mencetak siswa yang siap dan terampil kerja," kata Rukiyah.

Humas SMK Putra Jaya School Batam, Slamet Dardiri, SE menambahkan, mereka memiliki Bursa Kerja Khusus. Dengan begitu ketika siswa telah lulus sekolah, bagi yang ingin lanjut bekerja, mereka tak kesulitan mencari pekerjaan. Begitu juga untuk siswa yang PKL (praktik kerja lapangan), siswa tak perlu repot-repot mencari tempat. Karena pihak sekolah bisa membantu.

"Kami punya MoU dengan beberapa pihak. Jadi ketika ada yang butuh, kami bisa menyalurkan siswa kami untuk bekerja di sana. Ini juga untuk membantu siswa yang sudah lulus," kata Slamet.

Dalam proses belajar-mengajar siswa, SMK Putra Jaya School Batam memiliki sejumlah keunggulan. Sekolah yang terletak tak jauh dari Terowongan Pelita ini dilengkapi tiga laboratorium. Masing-masing untuk lab TKJ, Farmasi dan Keperawatan.

"Uang SPP juga murah. Perbulannya Rp 425 ribu untuk semua jurusan. Ujian kompetensi kejuruan sudah menggunakan lembaga sertifikasi profesi. Kerjasama dengan NSP Asnakes Indonesia," ujarnya.

Keunggulan lainnya, mulai tahun pelajaran 2019-2020 ini akan ada penambahan mata pelajaran bahasa asing. Selain Bahasa Inggris, juga ada Bahasa Jepang dan Bahasa Mandarin.

"SMK Putra Jaya School Batam memiliki guru-guru yang kompeten di bidangnya. Masing-masing jurusan punya dua guru produktif dari S1 dan S-2. Cara belajarnya juga menyenangkan, sesuai kebutuhan anak. Tidak monoton di dalam kelas saja. Guru-gurunya juga ramah," kata Kepala SMK Putra Jaya School Batam, Rukiyah Syah, ST.

Selain itu, bagi siswa yang orangtuanya kurang mampu, juga akan diberikan subsidi uang sekolah. SMK ini memiliki sejumlah kegiatan ekstrakurikuler untuk mendukung kegiatan siswa di sekolah. Seperti futsal, voli, karate, pencak silat, pramuka, tari, drum band, mengaji Al-Quran, Pramuka, dan LKBB (Latihan Keterampilan Baris Berbaris). (tribunbatam.id/dewiharyati)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Danang Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved