KPU RI Sebut Tidak Menutup Kemungkinan Kesalahan Input Data C1 ke Situs Ada Unsur Kesengajaan

Informasi kesalahan KPU mengimput data hasil pemilu menjadi bulan-bulanan Netizen dimedia sosial. menanggapi hal itu, Ketua KPU RI Arief Budiman men

KPU RI Sebut Tidak Menutup Kemungkinan Kesalahan Input Data C1 ke Situs Ada Unsur Kesengajaan
Danang Triatmojo/Tribunnews.com
Ketua KPU RI Arief Budiman 

TRIBUNBATAM.id - Informasi kesalahan KPU mengimput data hasil pemilu menjadi bulan-bulanan Netizen dimedia sosial.

menanggapi hal itu, Ketua KPU RI Arief Budiman menyebut kesalahan input data C1 ke Sistem Informasi Perhitungan (Situng) Real Count Pilpres 2019 bisa datang dari berbagai kemungkinan.

Alih-alih menyebut human error, Arief tidak menutup kemungkinan bahwa kesalahan input data tersebut bisa datang dari faktor kesengajaan.

"Kan ada yang sengaja, ada yang saya tidak bisa menyimpulkan ini, apakah terjadi kesengajaan atau human error atau tidak sengaja," kata Arief saat ditemui di KPU RI, Jakarta Pusat, Minggu (21/4/2019) malam.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa sistem Situng KPU sudah ada dan diterapkan dari Pemilu ke Pemilu.

Selama penerapannya, bila dijabarkan dan dipelajari kesalahan tersebut kasus per kasus, kekeliruan input data C1 ke Situng biasanya terjadi karena para petugas KPU Kabupaten/Kota sebagai penginput data energinya banyak terkuras lantaran bekerja 24 jam.

"Melihat case-nya yang sebetulnya dari Pemilu ke Pemilu kita punya sistem ini, dan kesalahan input itu murni karena faktor human error. Sangat manusiawi karena kerjaan mereka 24 jam," jelasnya.

Sebelumnya Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan membantah peristiwa salah input data C1 suara Pilpres 2019 menyangkut pihak tertentu.

Kata Wahyu, kekeliruan input data tersebut sama-sama terjadi pada kubu paslon 01 Jokowi-Ma'ruf dan paslon 02 Prabowo-Sandi.

"Kekeliruan info C1 itu juga kekeliruan yang terjadi di pihak 01 juga terjadi di pihak 02. Jadi tidak benar kalau kekeliruan itu seluruhnya menyangkut pihak tertentu," kata Wahyu saat dihubungi, Minggu (21/4/2019).

Sementara hingga Minggu siang, KPU masih belum mendapati kembali adanya petugas TPS yang salah menginput data.

Halaman
12
Editor: Eko Setiawan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved