BINTAN TERKINI

Kapal Pesiar Paling Top di Amerika Serikat, Royal Carribbean International Bakal Singgah di Bintan

Rahmat mengatakan, di antara cruise ship di dunia, Royal Carribbean International merupakan pesiar yang terbilang top, dan top branding

Kapal Pesiar Paling Top di Amerika Serikat, Royal Carribbean International Bakal Singgah di Bintan
Royal Carribbean
Royal Carribbean 

TRIBUNBINTAN.id, BINTAN - Asisten Deputi Infrastruktur Pelayaran, Perikanan dan Pariwisata Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI Rahmat Hidayat mengatakan, kehadiran cruises Royal Carribbean seperti memecah telur.

Rahmat mengatakan, di antara cruise ship di dunia, Royal Carribbean International merupakan pesiar yang terbilang top, dan top branding dalam industri pesiaran.

"Makanya begitu pihak kapal menyampaikan ingin masuk ke Bintan, rasanya memecah telur."

"Saya ke kantor pusat mereka yang ada di Miami (Amerika Serikat) sudah tiga kali sejak 2017, 2018, terakhir 2019. Saya lihat, memang terbilang beda di antara cruises lainnya,"katanya, Selasa (23/4/2019).

Besar harapan, kunjungan perdana Royal Carribbean International di Bintan pada Mei 2019 ini berjalan lancar.

Pemerintah Pusat, kata dia seperti dipesankan Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Dwisuryo Indroyono Soesilo di Jakarta akan mensuport habis habisan masuknya kapal.

Pemkab Anambas Kebut Perbaikan Jalan Selayang Pandang, Prioritas pada Bagian yang Roboh

Sarana UNBK di Karimun Masih Terbatas, Banyak Sekolah Numpang Ujian di Sekolah Lain

Pemungutan Suara Ulang 5 TPS di Tanjungpunang Diundur Menjadi Hari Minggu 27 April, Ini Kata Bawaslu

Libatkan 3 Tersangka, Polda Kepri Musnahkan Barang Bukti Sabu Seberat 370,4 Gram

Suport salah satunya dalam bentuk kesiapan untuk menangani kendala yang terkait masalah masalah khusus dunia pesiar, seperti kendala urusan kepelabuhanan, custom (imigrasi) hingga karantina.

"Kami dari Satuan Tugas yang dibentuk Kemenko Maritim untuk men-troubleshooting hal hal yang terkait kesulitan untuk masalah masalah tentang cruises,"katanya.

Karena itu, kepada Pemkab Bintan, ia menyampaikan bila menemukan kendala dalam menyiapkan masuknya kapal asal Amerika tersebut, dapat diselesaikan bersama dengan pihak team.

Di dalam team terdiri sejumlah lembaga di bawah kewenangan pusat. 

Seperti custom atau keimigrasian, karantina sampai dengan urusan port atau kepelabuhanan.

Tapi menurut dia, dalam konteks Lagai Bintan yang merupakan daerah FTZ, kendala yang terkait kewenangan pusat tidak akan serumit daerah lain di Indonesia.

"Ini kan kawasan khusus, penangannya tentu berbeda. Artinya kalau kapal ini akan masuk, lebih banyak kawan kawan dari pengelola resort yang akan banyak memfasilitasi. Namun dari aspek custom, imigration, karantina tentu masih domain pusat."

"Nah apabila dari daerah perlu bantuan atau penanganan yang terkait hal terssebut, silahkan tinggal lapor, kita siap bantu,"kata dia. (tribunbatam.id/min)

Penulis: Aminnudin
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved