Tips Memilih Makanan Saat Puasa agar Badan Tetap Bugar

Kamu harus cermat dalam memilih makanan. Kalau kalau salah makan, terutama saat sahur, bisa mengganggu aktifitas kamu seharian loh.

Tips Memilih Makanan Saat Puasa agar Badan Tetap Bugar
Hai.grid.id
Makanan yang halal 

TRIBUNBATAM.id - Nggak terasa sob, minggu depan, diperkirakan tanggal 6 Juni 2019, bulan Ramadhan kembali tiba. Udah siap belum nih sob?

Di bulan puasa, jangan memikirkan bagaimana caranya bisa menahan lapar dan haus seharian. Tapi juga harus menyusun strategi bagaimana caranya agar bisa tetap segar selama seharian puasa.

Kamu harus cermat dalam memilih makanan. Kalau kalau salah makan, terutama saat sahur, bisa mengganggu aktifitas kamu seharian loh.

Nah, dr Jovita Amelia SpGK memberikan empat tips buat kamu untuk memilih makanan saat puasa khususnya sahur agar badan tetap bugar nih sob.

Pertama, pilihlah hidangan sahur dengan komposisi gizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan kalori harian. Maknana yang lengkap dan berenergi dapat memenuhi kebutuhan energi sepanjang hari.

"Makanan dengan karbohidrat kompleks dapat melepaskan energi secara perlahan selama puasa" ujar Jovita di acara bersama Halodoc (30/4), sebagaimana HAI kutip dari KompasLifestyle.

Ngga Nyangka, Ternyata Ada Indonesia di Film Avengers: Endgame

Peter Mayhew, Pemeran Chewbacca dalam Film Star Wars Meninggal Dunia

Ramalan Zodiak Besok 4 Mei 2019, Taurus Kalap Belanja, Cancer Semua akan Baik-baik Saja

Bugati Rilis Mobil Paling Mahal di Dunia Saat Ini, Apakah Pemiliknya Cristiano Ronaldo?

 

Komponen makanan yang seimbang juga bisa mengoptimalkan kondisi tubuh yang terdiri dari; 50 - 60% karbohidrat, 15 - 20% protein dan 20 - 25% lemak.

Kedua, kamu wajib banget mencukupi kebutuhan carian dan zat besi saat sahur untuk membantu distribusi oksigen tetap terjaga selaam berpuasa. Hal ini juga akan membuat tubuh terasa lebih bugar, nggak gampang lemas dan mengantuk.

Ketiga, untuk mengurangi rasa haus, jauhkan makanan yang digoreng atau gorengan dan hidagan yang mengandung banyak garam. Makanan yang digoreng akan memperlambat pengosongan lambung sehingga memicu naiknya asam lambung.

Selain itu, dr Jovita juga mengingatkan kita untuk ngak lupa memenuhi kebutuhan cairan dua liter perharinya.

Terakhir, dr Jovita menyarankan kita unutk menghindari konsumsi makanan manis yang berasal dari karbohidrat sederhana berlebih saat sahur. Karena makanan seperti itu akan lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh, yang akhirnya akan membuat kita mudah lapar.

Kalau ingin mengonsumsi makanan manis, maka pilihlah makanan manis yang berasal dari karbohidrat kompleks seperti sayur, buah dan umbi-umbian, sob.

Ada lagi nih sob yang nggak kalah penting, yaitu olahraga selama puasa. Latihan ringan sebelum atau sesudah berbuka puasa dengan durasi pendek dan intensitas rendah akan membantu kebugaran tubuh selama puasa.

Tuh sob. Artinya nggak ada alasan tuh untuk malas-malasan saat bulan puasa. Olahraga harus tetep jalan! (*)

Editor: Rio Batubara
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved