BI Siapkan 2.895 Titik Penukaran Uang Jelang Lebaran

Bank Indonesia menyiapkan layanan penukaran uang di 2.895 titik di seluruh wilayah NKRI termasuk di daerah Terdepan, Terluar, dan Terpencil.

BI Siapkan 2.895 Titik Penukaran Uang Jelang Lebaran
Tribunnews
Ilustrasi penukaran uang baru jelang Lebaran 

TRIBUNBATAM.id - Masyarakat yang akan merayakan lebaran biasanya tak akan melewatkan untuk menukar uang baru untuk dibagikan kepada sanak saudara saat momen bahagia tersebut. 

Pada tahun ini, Bank Indonesia (BI) akan menyiapkan layanan penukaran uang di 2.895 titik di seluruh wilayah NKRI termasuk di daerah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) mulai 13 Mei hingga 1 Juni 2019 mendatang.

Jumlah titik penukaran uang tersebut meningkatkan signifikan dibandingkan periode bulan puasa tahun lalu yang hanya mencapai sekitar 1.776 titik.

Layanan tersebut merupakan sinergi BI dengan perbankan untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat selama periode Ramadan.

Rosmaya Hadi, Deputi Gubernur BI mengatakan, layanan penukaran uang dilakukan BI setiap tahun dengan tujuan mempermudah masyarakat mendapatkan uang pecahan kecil, sekaligus mengurangi risiko uang palsu dan pemberantasan jasa penjual uang palsu.

"BI akan membuka kegiatan kas keliling di titik keramaian, kantor perbankan dan instansi lain termasuk di jalur mudik." jelas Rosmaya di Jakarta, Jumat (10/5).

Salah satu kegiatan yang dilakukan BI untuk memenuhi kebutuhan uang tunai menyambut lebaran adalah melakukan kas keliling di landmark seperti monas, jalur mudik, mitra strategis dan pusat keramaian lainnya. Kas keliling ini hanya menyediakan pecahan uang kecil mulai dari Rp 20.000 ke bawah.

Di Jabodetabek, BI akan melakukan kas keliling di beberapa area. Di Monas akan dilakukan selama hari kerja mulai 13-29 Mei, lalu di Bogor akan dilakukan mulai 13-16 Mei, di Museum BI Kota dilakukan mulai 20-27 Mei, di PRJ dijadwalkan mulai 22-27 Mei, Kepulauan Seribu mulai 20-24 Mei, di KOC diadakan dari 27-29 Mei, dan di Rest Area Km 57 dilakukan pada 30 Mei - 1 Juni.

Pada 14 Mei akan dilakukan Bareskrim RI, YKKBI, Mabes TNI AL, pada 15 Mei 2019 dijadwalkan Monas, Bogor, BIN/Botasupal, Kejagung, KPW BI DKI Jakarta, pada 16 Mei digelar di OJK, MPR/DPR RI, PPBI, BPS, Mabes TNI AL, pada 17 Mei di gelar di TV One, Bisnis Indonesia, MNC TV, Berita Satu, Dirjen Pajak, pada 20 Mei digelar di Tempo, SCTV, Republika, Trans TV Group.

Pada 21 Mei dijadwalkan di Setneg, Kemenko Perekonomian, Kemenkokesra, Kementerian Kesra,dan TNI AU, lalu pada 22 Mei di Rakyat Merdeka, Lemhanas, Jasa Marga, Bappenas, pada 23 Mei dilakukan di Ditpolairut, Polda Metro, IBS/LPPI, KPW BI DKI Jakarta, pada 24 Mei digelar PPATK, Brimob Kwitang, Kemenkeu, MA.

Pada 27 Mei akan diadakan di Kompas Gramedia, Metro Group, Detik, Binbotusupal, Kejagung, kemudian keesokan harinya tanggal 28 Mei dijadwalkan di Mabes TNI AL, OJK, MPR/DPR, PPBI, 29 Mei di laksanakan di rest area Km 57, All Media, BPK, Bareskrim, Dapen BI- YKKBI

Di samping menggelar kas keliling, BI juga melakukan penukaran uang bekerjasama dengan 22 perbankan di 241 titik wilayah Jabodetabek. Jumlah titik tersebut meningkat dari 160 titik pada tahun sebelumnya.  (*)

Editor: Rimna Sari Bangun
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved