Dinkes Kepri Gelar Koordinasi Kegiatan Pekerja Perempuan Sehat Produktif Tingkat Provinsi Kepri

Kesehatan kerja bertujuan melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk akibat pekerjaan.

Dinkes Kepri Gelar Koordinasi Kegiatan Pekerja Perempuan Sehat Produktif Tingkat Provinsi Kepri
TRIBUNBATAM.id/ISTIMEWA
Kadis Tjejep Yudiana berfoto bersama peserta dan panitia di Pertemuan Koordinasi Kegiatan Pekerja Perempuan Sehat Produktif, Rabu (8/5/2019) 

TRIBUNBATAM.id - Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia.

Tujuannya, untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Sebagai bentuk investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

Program Kesehatan Kerja menyatakan bahwa kesehatan kerja bertujuan untuk melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh suatu pekerjaan.

Selain itu dinyatakan juga bahwa pengelola tempat kerja wajib melakukan segala bentuk upaya kesehatan melalui upaya pencegahan, peningkatan, pengobatan dan pemulihan bagi tenaga kerja khususnya tenaga pekerja perempuan.

Dalam hal pekerjaan, pasti memiliki jenis dan tempat pekerjaan yang berbeda dengan mempunyai risiko yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, termasuk pekerja di sektor informal maupun formal.

Pada umumnya pekerja di sektor informal kurang memiliki kesadaran dan pengetahuan akan bahaya di lingkungan kerja, metoda kerja, lingkungan tempat kerja yang memenuhi standard kesehatan dan keamanan bekerja sehingga perlu dilakukan pembinaan yang berkelanjutan.

Upaya meningkatkan derajat kesehatan pekerja perempuan merupakan hal yang amat penting, karena kegiatan tersebut akan berdampak pada peningkatan derajat kesehatan secara umum termasuk pengentasan AKI dan AKB dan juga peningkatan produktivitas pekerja Indonesia, khususnya pekerja perempuan yang jumlahnya makin besar dan memegang peranan yang makin penting.

Tujuan secara umum kegiatan ini adalah meningkatkan kerjasama dan berintegrasi dengan lintas sektor dan lintas program dalam pencapaian program kesehatan kerja khususnya gerakan pekerja perempuan sehat produktif di tempat kerja.

Sedangkan secara khusus tujuannya adalah :

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved