BATAM TERKINI

Hari Kedua PPDB Jaringan Lelet, Jumlah Pendaftar di SMPN 6 Batam Cuma 20 Orang

Hari kedua jumlah pendaftar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Negeri 6 tak sebanyak dengan hari pertama.

Hari Kedua PPDB Jaringan Lelet, Jumlah Pendaftar di SMPN 6 Batam Cuma 20 Orang
TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI
Kepala SMPN 6 Batam Wagiyem 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Hari kedua jumlah pendaftar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Negeri 6 tak sebanyak dengan hari pertama.

Jika hari pertama pendaftar mencapai 300 orang, di hari kedua ini hanya kisaran 20 orang pendaftar.

Hal ini di sampaikan Kepala SMPN 6 Batam, Wagiyem. Ia mengakui hari pertama hingga memasuki hari kedua sekolah masih mengalami gangguan jaringan.

"Semua jaringan rusak. Bukan hanya kita saja. Mungkin karena dipakai serentak jadinya lelet. Bahkan SD juga pakai sekarang," ujar Wagiyem di Halaman Sekolah, Rabu (15/5/2019).

Wagiyem mengatakan jika PPDB tahun lalu pihaknya masih menerapkan sistem penilaian tertinggi. Namun 2019 ini, sekolahnya harus mengikuti sistem zonasi.

Seperti diketahui sistem ini tertuang dalam Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 17 tahun 2017. Orang tua harus bisa memahami bahwa Permendikbud ini tidak bisa segera memenuhi keinginan orang tua untuk menempatkan anak-anaknya ke sekolah unggulan.

"Kebijakan nasional ini harus kita jalankan. Kita tak bisa menerapkan seperti tahun lalu sesuai nilai sekarang harus ikuti aturan pusat. Saya harap orangtua memahaminya," katanya.

Wagiyem mengaku sistem zonasi ini akan membuat penerimaan siswa baru di sekolah-sekolah menjadi lebih merata. Sekolah-sekolah unggulan tidak lagi dibuat kualahan terhadap tingginya antusiasme calon peserta didik. Jika ada calon peserta didik yang tidak diterima, pihaknya akan mengarahkan ke sekolah negeri terdekat.

Sebelum Lahirkan Bayi Kembar di Kamar Kos, Nilu Ngaku Perutnya Sakit Karena Asam Lambung

Sebar Tim Saber Pungli, Kapolresta Barelang Ingatkan Jangan Coba-coba Bermain Selama Proses PPDB

Hari Pertama PPDB 2019, Sistem Proses Data Siswa di SMPN 6 Batam Alami Gangguan

Hari Pertama PPDB di Batam, Jaringan Online Terganggu, Operator Tidak Bisa Masukkan Data

"Misalnya calon pesertanya tak diterima di SMPN 6, atau sekolah sudah memenuhi koata. Nanti ada SMPN 10 Batam yang terdekat yang bisa menampung atau sekolah swasta juga ada," tutur mantan Kepala Sekolah SMPN 41 Batam.

Tahun ini, PPDB dibuka dari tanggal 14 hingga 29 Mei mendatang. Tahun ajaran baru ini SMPN 6 hanya menerima 352 siswa baru ini dan menyediakan 11 ruangan kelas.

Sebelumnya dalam pelaksanaan PPDB 2019 ini pihaknya sudah menyediakan sebanyak 4 orang petugas untuk melayani pendaftar setiap harinya. Jika jaringan bagus pihaknya bisa menyelesaikan 50 pendaftar atau lebih. Namun, apabila terkendala pihaknya terpaksa meminta kepada orangtua siswa untuk kembali besok harinya.

"Memang butuh waktu lama untuk memproses data yang telah tertulis secara manual sebelumnya itu.

Wagiyem melanjutkan sebagian pendaftar masih terkendala proses pencetakan surat keterangan sebagai bukti pendaftaran. Seperti, data identitas calon siswa, alamat orangtua siswa menggunakan google maps secara online.

"Kita harus sama kan datanya dengan alamat orangtua tinggal. Jadi kita memang butuh waktu,"ujar Wagiyem. (tribunbatam.id / Roma Uly Sianturi)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved