Taiwan Negara Pertama Asia yang Menyetujui Pernikahan Sejenis

Taiwan negara pertama di Asia yang mengakui pernikahan sejenis setelah parlemen negara pulau itu mengesahkan konstitusi tersebut, Jumat

Taiwan Negara Pertama Asia yang Menyetujui Pernikahan Sejenis
AFP
Ribuan pendukung pernikahan sejenis berkumpul di luar gedung parlemen menyambut disahkannya RUU pernikahan sejenis di Taiwan 

TRIBUNBATAN.id, TAIPEI - Taiwan negara pertama di Asia yang mengakui pernikahan sejenis setelah parlemen negara pulau itu mengesahkan konstitusi tersebut, Jumat (16/5/2019).

Dengan keputusan tersebut, mulai Jumat depan, pasangan gay di Taiwan dapat mendaftarkan pernikahan mereka di lembaga perkawinan.

"Ini adalah momen bersejarah, dan kemenangan bagi Taiwan," kata Bruce Chu, yang berkampanye untuk pengesahan RUU tersebut, seperti dilansir TribunBatam.id dari South China Morning Post.

Digugat Anggota Polisi yang Prilaku Menyimpang, Polda Jateng Siapkan Tim Hukum 

WADUH! Emak-emak Ini Nekat Tidur di Jalan Cegat Mobil Presiden Jokowi

Massimiliano Allegri Tinggalkan Juventus, Pep Guardiola Ogah ke Turin. Ini Daftar 4 Kandidat

Pemungutan suara legislatif yang mendukung RUU itu disambut tepuk tangan meriah dari sekitar 40.000 pendukung kesetaraan pernikahan di luar kantor parlemen China taipei itu.

Di tengah hujan deras, mereka membentangkan plakat yang menggambarkan kesetaraan pernikahan sebagai hak asasi manusia yang universal.

Seperti juga di banyak negara, perubahan UU ini memang menimbulkan pro dan kontra sejak lama antara pendukung dan penentang pernikahan sesama jenis.

Jennifer Lu, kepala koordinator kelompok hak-hak gay mengatakan, undang-undang itu tidak sempurna tetapi memenuhi sebagian besar kebutuhan pasangan sesama jenis.

"Taiwan bergerak sejalan dengan tren dunia yang menggemakan seruan universal untuk persamaan hak," kata Lu.

EPA

Undang-undang ini memberi sebagian besar hak kepada pasangan gay dan heteroseksual di bawah hukum sipil.

UU ini juga memberikan hal kepada pasangan gay untuk mengadopsi anak, namun dengan syarat masih memiliki kekerabatan.

Halaman
123
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved