Kanal

Puluhan Agenda Meriahkan HUT Karimun ke 12


Laporan Rachta Yahya, wartawan Tribunnewsbatam.com

TRIBUNNEWSBATAM.COM, KARIMUN
- Meski masih sekitar sebulan lagi namun persiapan menyambut hari jadi Kabupaten Karimun yang ke 12 pada 12 Oktober mendatang sudah diancang-ancang dilakukan.

Pada rapat di aula pertemuan, lantai 3 kantor Bupati Karimun di Poros, Kecamatan Tebing, Rabu (7/9/2011) kemaren yang dipimpin Sekretaris Daerah, Anwar Hasyim dicanangkan puluhan agenda kegiatan.

Dan hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan hari jadi Bumi Berazam diperkirakan masih akan dimeriahkan dengan pameran pembangunan di coastal area, pantai Gloria, Tanjungbalai Karimun.

Selain itu juga dicanangkan kegiatan tabliq akbar dengan menghadirkan penceramah ternama yang sering wara-wiri di layar kaca, ustadz Yusuf Mansour. Untuk kegiatan ini rencana akan digelar antara Masjid Agung, Poros atau di Gelanggang Olahraga terbuka, Badang Perkasa, Poros.

"Pilihannya antara stadion Badang Perkasa dan Masjid Agung," kata Kabag Humas Pemkab Karimun, Muhammad Yosli belum lama ini.

Kemudian juga direncanakan menggelar acara wisuda 1000 santri dan upacara seremoni dikediaman dinas Bupati Karimun di Taman Bunga.

Khusus acara puncak seremoni dikediaman dinas bupati itu, selain mengundang petinggi di Pemerintahan Provinsi Kepri seperti Gubernur Kepri, HM Sani dan Wakil Gubernur Kepri, HM Soerya Respationo, juga direncanakan mengundang pemerintah pusat setingkat kementrian.

"Namun kami belum dapat menginformasikan siapa dan kementrian mana yang akan diundang tersebut. Kalau tahun lalu (2010, red), kami mengundang staf kementrian pemuda dan olahraga, dibawah pimpinan Adhayaksa Daud," kata Yosli menjelaskan.

Berikutnya kegiatan kemah nasional pariwisata di bumi perkemahan Pelambung. Hal tersebut sejalan dengan agenda yang ditaja Kementrian Pariwisata RI bekerjasama dengan Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Karimun.

Pada acara puncak upacara seremonial dikediaman dinas bupati, rencananya juga akan dilakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) investasi. Namun siapa dan perusahaan apa, Yosli mengaku belum mendapat detailnya.

Dibidang olahraga, tak ketinggalan akan dilangsungkan pertandingan-pertandingan olahraga antar instansi pemerintahan seperti pertandingan sepakbola dan bola voli.

Terkait besaran dana yang dipersiapkan untuk rangkaian acara tersebut, Yosli kembali mengatakan belum mengetahui secara rinci.

Hanya saja, Yosli memperkirakan akan diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Karimun Tahun 2011 yang disahkan belum lama ini. (yah)

"Berapa jumlahnya saya juga belum tahu, tapi tampaknya sudah disiapkan di APBD Perubahan yang disahkan beberapa waktu lalu," ujar Yosli mengakhiri.

Mengingat biaya yang dikeluarkan diperkirakan cukup besar, sudah sepantasnya kegiatan tersebut bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat Karimun dan jangan hanya sekedar seremonial belaka tanpa makna. (yah)

Editor: Dedy Suwadha

Pimpin Selawatan di Panggung, Wanita Ini Mendadak Pingsan lalu Meninggal Dunia

Berita Populer