Kanal

Harga Daging Sapi dan Telur Ayam di Natuna Naik

Suasana pasar sembako di Batam beberapa waktu lalu. - Tribun Batam/Iswidodo

Laporan Wartawan Tribun Batam, Muhammad Ikhsan

NATUNA, TRIBUN - Jelang lebaran, pergerakan harga sembako mulai terlihat.

Pantauan lapangan sudah dilakukan oleh tim gabungan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Natuna, Provinsi Kepri, Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) dan Dinas Kesehatan.

Rata-rata harga bahan pokok bisa dikategorikan stabil di Ranai, namun ada kenaikan pada daging sapi dan telor ayam.

Kabid Perdagangan Disperindag Kabupaten Natuna, Wan Endriko menyatakan harga sembako di Natuna secara keseluruhan masih tergolong stabil.

"Kenaikan harga ada, tapi fluktuasinya masih dalam batas wajar, daging sapi sebelumnya Rp110.000,00 naik menjadi Rp130.000,00.

Sementara telur juga mengalami sedikit kenaikan dari harga sebelumnya Rp34.000,00 per papan menjadi Rp38.000,00 per papan," ujarnya.

Sementara harga cabai yang biasanya jadi momok ibu-ibu rumah tangga menjelang lebaran dari pantuan tim ini, tergolong lebih stabil. Harga cabai dalam kisaran Rp40.000,00 per kilogram.

Kestabilan harga cabai ini dianalisa karena cabai lokal sudah mulai bisa mencukupi kebutuhan cabai di Natuna.

Endriko juga meminta pedagang agar sesuai menentukan harga dagangan di pasaran.

"Kami imbau pedagang mempertimbangkan antara keuntungan dan daya beli masyarakat saat ini," sebut dia.

"Terakhir kami lakukan pantauan pada sepekan lalu, harga kita pastikan stabil, begitupun dari ketersediaan barang," tambahnya lagi.

Kasi Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Disperindag Kabupaten Natuna, Raja Antoni menyebutkan jika penyebab tingginya inflasi di daerah dari sektor ini perlahan bisa diatasi.

"Penyebab inflasi seperti kondisi tranportasi pengangkut barang baik dari dan ke Natuna. Pemda juga berkoordinasi dengan pemasok barang guna mengatasi kendala pada kapal angkut barang, kita juga sudah subsidi dua kapal perintis," ujar Antoni.

Menurutnya selama transportasi laut lancar, harga kebutuhan pokok di Natuna tidak menjadi masalah. Jika pun ada kenaikan, menurutnya hal itu lebih dipengaruhi faktor kenaikan harga dari produsen di luar daerah.

Editor: Candra P. Pusponegoro

Wanita Tewas Dalam Lemari Pernah Unggah Foto Bersama Pelaku, Sempat Usir dari Kos sebelum Dibunuh

Berita Populer