Kanal

Karantina Pastikan Hewan Qurban di Karimun Layak Konsumsi

Ilustrasi Hewan Qurban - Tribunnews Batam/ Istimewa

Laporan Tribunnews Batam, Rachta Yahya

TRIBUNNEWSBATAM.COM, KARIMUN - Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas II Tanjungbalai Karimun memastikan 328 hewan qurban Hari Raya Idul Adha di Karimun, untuk jenis sapi dan kambing layak konsumsi dan bebas dari penyakit menular.

Kepastian itu setelah Karantina melakukan pemeriksaan mencapai frekuensi 20 kali.

"Dari hasil pemeriksaan atas hewan qurban yang kami lakukan sejak dua pekan lalu mencapai frekuensi pemeriksaan sekitar 20 kali, hewan qurban di Karimun dinyatakan layak konsumsi dan bebas dari penyakit menular," ujar Kepala SKP Kelas II Tanjungbalai Karimun, drh Yoeyoen Marrahayoeni, Senin (21/9/2015).

Hewan qurban tersebut umumnya berasal dari sejumlah daerah seperti Sumatera Barat, Lampung dan Riau menggunakan moda transportasi laut melalui pelabuhan RoRo di Parit Rempak, Kecamatan Meral.

Dikatakan Yoeyoen pemeriksaan tersebut, bertujuan untuk memastikan hewan qurban yang masuk ke Karimun benar-benar bebas dari penyakit yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan hewan qurban itu sendiri.

"Seperti penyakit anthrak, brucellosis, septicaemi epizootica, bovine spongiform enchelopathy. Pemeriksaan juga meliputi pengambilan sampel darah hewan tersebut. Kepri kan termasuk daerah yang telah dinyatakan bebas dari penyakit brucellosis oleh Menteri Pertanian, jadi kami sangat hati-hati dalam menjaganya. Begitu dipastikan bebas penyakit menular, barulah kami terbitkan sertifikat pelepasan," terang Yoeyoen.

Apabila hewan tersebut terindikasi tidak sehat setelah melalui serangkaian pemeriksaan intensif, Karantina sebaliknya akan langsung minta hewan-hewan tersebut dipulangkan ke daerah asalnya.

Untuk tahun ini, dikatakan Yoeyoen terjadi sedikit peningkatan jumlah hewan qurban dibanding tahun 2014 sebanyak 265 ekor.

Adapun hewan qurban jenis sapi dibanderol dengan harga bervariasi. Golongan pertama mulai dari Rp 16 juta untuk berat 70 kilogram, golongan kedua Rp 18 juta dengan berat mencapai 100 kilogram dan terakhir Rp 20 juta untuk berat 130 kilogram. (*)

Editor: Iman Suryanto

Terekam Kamera Sosok Pria yang Diduga Selingkuhan Angel Lelga, Digerebek Vicky Berduaan di Kamar

Berita Populer