Kanal

Dari DPS, KPU Batam Temukan Pemilih Ganda

Ilustrasi Pilkada di Kepri - Istimewa

Laporan Tribunnews Batam, Wahib Wafa
TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Setelah sebelumnya sempat menunda rapat pelno Daftar Pemilih Tetap (DPT), Sabtu (3/10/2015) Komisi pemilihan Umum (KPU) kota Batam, telah menyelesaikan Pelno DPT di Hotel Amir, Batuampar.
Dari rapat tersebut, diketahui warga Batam yang memiliki hak suara berkurang cukup tinggi dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang sebulan lalu ditetapkan. 
Sebanyak 26.007 jumlah pemilih berkurang dari sebelumnya DPS sebanyak 700.059 pemilih.
"Memang kita sempat menunda pleno sehari untuk mempersiapkan.‎ Dari angka sebelumnya di DPS berkurang, lantaran banyaknya warga Batam yang pindah," ujar Mangihud Raja Guk Guk komisioner KPU kota Batam, di Sekupang, Minggu (4/10/2015).
Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) secara online memisahkan nama pemilih yang tidak memenuhi syarat. Selain itu, berkurangnya data pemilih dari DPS setelah verifikasi data dari banyak pemilih ganda.
"Banyaknya pemilih ganda lantaran yang sebelumnya masih terdaftar. Namun mereka saat ini sudah pindah," ungkap Mangihud.
Dari beberapa kecamatan di Batam, angka pemilih tertinggi masih di kecamatan Sagulung. Sebanyak 111.220 pemilih yang telah terangkum di DPT. 
Sementara pemelihih terkecil yakni di wilayah kecamatan Bulang yang hanya 7.564 pemilih.
KPU kota Batam memastikan tidak ada lagi pemilih Ganda yang terdaftar. Mengingat sistem yang bekerja telah otomatis sesuai syarat nama dan NIK KTP yang telah terbaca di Sidalih.
"Masih ada pemilih tambahan. Jika memang belum masuk, pada Hari H boleh datang ke TPS dengan membawa KTP Batam. Namun TPS sesuai alamat di KTP," pungkasnya lagi. (*)
Editor: Iman Suryanto

Benarkah Mie Ayam Tugu Lilin Pajang Solo Pakai Pesugihan Pocong? Yuk Mampir ke Warungnya

Berita Populer