Kanal

Sedang Banyak Teror di Luar Negeri, Yang Ingin Bepergian Disarankan Pakai Asuransi Perjalanan

Seorang polisi mengamankan area sekitar pusat perbelanjaan Olympia Einkaufzentrum OEZ di Munich, Jerman, setelah serangan bersenjata yang menewaskan sejumlah orang di tempat itu, Jumat (22/7/2016) - AFP

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Asuransi perjalanan merupakan hal yang penting untuk Anda yang melakukan perjalanan ke luar negeri.

Risiko apapun bisa terjadi di sepanjang perjalanan mulai dari jatuh sakit, kecelakaan, penundaan penerbangan, dan lainnya.

Asuransi perjalanan akan melindungi dari risiko-risiko tersebut selagi Anda berada di luar negeri. Apalagi saat ini, beberapa negara sudah mewajibkan turis menggunakan asuransi perjalanan sebelum pergi ke negara mereka.

Salah satu contoh kasusnya adalah Jeff dan Diana, dua WNI yang terjebak di Ataturk Airport, Istanbul saat terjadi kudeta beberapa waktu lalu.

Asuransi perjalanan berperan sangat penting dalam hal ini. Walaupun negara-negara Eropa mewajibkan para turisnya menggunakan asuransi perjalanan, bukan berarti negara-negara yang tidak wajib travel insurance pasti sudah aman.

"Siapa yang bisa menjamin tiba-tiba kita naik taksi dari Changi Airport tiba-tiba tabrakan?" tutur Julian Noor, Direktur AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia) kepada KompasTravel, Jumat (22/07/2016).

Menurut Julian, sekalipun pergi ke negara yang aman dan tidak memiliki travel warning, asuransi perjalanan juga sangat penting.

Produk asuransi yang ditawarkan saat ini meliputi kecelakaan, jatuh sakit, kehilangan bagasi serta keterlambatan penerbangan.

Premi utama inilah yang digunakan banyak orang pada saat berkunjung ke negara yang wajib menggunakan asuransi perjalanan.

"Kalau negara tujuan cenderung tidak aman atau berbahaya, bisa mengajukan ke perusahaan asuransinya untuk premi extend atau tambahan," ujar Julian Noor.

Halaman
12
Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com

Viral Wanita Terobos Rombongan Presiden Jokowi dan Acungkan Jari Tengah, Tabrak Polisi yang Mengawal

Berita Populer