Kanal

200 Anak Jalanan dan Ibu Rumah Tangga Dapat Pelatihan Membuat Keset

Ibu-ibu rumah tangga dan anak jalan membaur dalam pelatihan pembuatan keset yang digelar Pisma dan YPAB - TRIBUNBATAM/ANNE MARIA

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Persatuan Istri Anggota Dewan (Piswan) Batam bekerjasama dengan Rumah Singgah Yayasan Pembinaan Asuhan Bunda (YPAB) ‎memberikan pelatihan kepada anak jalanan dan ibu rumah tangga.

Sebanyak 200-an anak jalanan dan ibu rumah tangga tampak antusias saat belajar membuat keset kaki berbahan kain perca.

Kegiatan yang terlaksana di rumah singgah YPAB tersebut rencananya akan dilaksanakan secara kontiniu hingga delapan kali.

Tak hanya belajar membuat, piswan juga akan membantu pemasaran kelompok pelatihan keset kaki tersebut.

"Ini masih satu di antara program piswan, untuk memberi kesempatan bagi ibu rumah tangga dan anak jalanan memperbaiki kondisi ekonomi mereka.

Belakangan yang menjadi isu di Batam adalah jumlah pengangguran yang meningkat.

Kami berikan pelatihan supaya mereka lebih kreatif dan dapat mengembangkannya untuk kewirausahaan," tutur Ketua Piswan, Sandra Nuryanto.

‎Dengan demikian, dapat terbangun kemandirian ekonomi di tengah masyarakat.

Ikut mendapat dukungan dari Badan pemberdayaan perempuan, Dinas Sosial dan instansi lainnya, Piswan menargetkan pelatihan ini akan selesai akhir September nanti.

Ketua panitia, Betty menambahkan yang menjadi peserta pelatihan‎ adalah anak-anak jalanan dan ibu rumah tangga binaan YPAB milik Sri Sudarsono.

"Kami akan fasilitasi ke toko-toko. Jadi pembinaan ini bukan hanya semata diproses produksinya saja. Tapi mereka akan terus di maintenance supaya bisa terus menghasilkan kerajinan,"‎ kata Betty.(*)

* Baca berita terkait di Harian TRIBUN BATAM edisi Senin, 22 Agustus 2016

Penulis: Anne Maria
Editor: nandrson

Viral Rumah Bohemian Rapsody di Blitar, Gaya Eropa dan Dianggap Mistis, Lihat Video Penampakannya

Berita Populer