Kanal

Kapal Tol Laut Jokowi Tak Lagi Nyandar di Kijang, Ada Apa?

KM Caraka Jaya Niaga III-4 berbobot 3000 Gross Ton (GT) berlabuh di Pelabuhan Tarempa. Kapal ini tak lagi singgah di Pelabuhan Kijang. - tribunnews batam/Septyan Mulia Rohman

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN - rute kapal tol laut program pemerintahan Jokowi yang bergerak untuk jasa pengangkutan logistik dan barang barang antar pulau di Kepri belakangan ini tak pernah terdengar lagi gaungnya di Kijang.

Kabarnya kapal ini sudah lama mengehntikan operasionalnya ke Kijang.

Kapal angkut logistik itu disebut-sebut tak sanggup bersaing dengan pemain swasta.

"Kalau dibilang begitu, tak juga. Penghentian ke Kijang karena pemerintah memangkas jalurnya, tak lagi ke Kijang," kata Kepala Operasional PT Pelni Cabang Tanjungpinang, Ismed, Rabu (28/9).

Kapal kargo tol laut ini rutenya kini langsung dari Jakarta ke Tarempa dan Natuna. Sebelumnya tol laut berlayar ke Kijang, baru kemudian ke pulau-pulau lain di Kepri.

Namun Ismed membenarkan biaya operasional tol laut selama ini masih tinggi, sementara upaya menutupinya dengan menggenjot pemasukan dari pengguna jasa di Kijang tak tercapai.

"Biaya operasional tinggi, sementara jumlah angkutan barang dari pelabuhan Sribayintan, Kijang tidak begitu banyak. Kami melaporkan itu ke pusat sehingga pusat memutuskan untuk mengubah rutenya," kata Ismed.

Penghentian rute tol laut ini tak begitu mempengaruhi kegiatan ekspedisi logistik antarpulau di Pelabuhan Sribanyintan Kijang.

Jasa itu dilayani kapal-kapal kargo milik swasta yang sudah lebih dulu beroperasi.

"Ada kapal kapal swasta, jadi tak begitu berpengaruh," kata Asrul, seorang pekerja di Pelabuhan Sribanyintan.

Kapal penyeberangan perintis, sejauh ini Pelni menyampaikan tak ada lagi masalah sejak KM Sabuk 39 beroperasi lagi. Sebelumnya kapal itu masuk dok.

Selain Sabuk Nusantara 39 ada juga KM Sabuk Nusantara 30. Namun KM Sabuk Nusantara 30 belum keluar dok.

Untuk menutupnya, Pelni menyiapkan KM Sabuk Nusantara 63. "Jadi tak ada problem, transportasi dengan kapal perintis baik baik saja," kata dia.

Penulis: Aminnudin
Editor: Alfian Zainal

Viral Wanita Terobos Rombongan Presiden Jokowi dan Acungkan Jari Tengah, Tabrak Polisi yang Mengawal

Berita Populer