Kanal

Inilah Daftar 10 Kota Paling Berwarna di Dunia, Satu Jadi Tempat Tinggal Bapak Dongeng HC Andersen

Salah satu sudut berwarna kota Burano, Italia - IST

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Apa yang menjadikan sebuah kota menjadi sangat cantik? Bisa saja pemandangan, gaya arsitektur, kebersihan, ketenangan, keramahan penduduk dan masih banyak lagi.

Namun, di kota-kota berikut ini, warna bangunan menjadi salah satu daya pikat dan menambah kecantikan sederet kota ini. Kota mana sajakah itu?

1. Burano, Venesia, Italia
Burano sebenarnya adalah sebuah pulau kecil di sisi utara laguna Venesia. Burano, faktanya adalah kepulauan yang terdiri dari empat pulau kecil yang saling terhubung dengan jembatan.

Pemandangan utama Burano adalah jajaran rumah-rumah dengan cat beraneka warna di kedua sisi kanal.
Kanal yang tepat melintas di antara jajaran rumah berwarna itu menjadikan Burano sebuah tempat yang sangat indah.

Dahulu kala, di saat mencari ikan masih menjadi mata pencaharian utama di Burano, para nelayan kesulitan mencari kediaman mereka di saat musim dingin yang penuh kabut.

Akhirnya, mereka memutuskan untuk mengecat rumah dengan berbagai warna cerah agar mudah dikenali. Inilah yang diyakini menjadi awal tradisi rumah berwarna di Burano.

Namun kini terdapat sistem untuk mewarnai rumah di Burano. Warga harus meminta izin pemerintah saat akan mengecat rumah untuk memastikan warna yang dipilih memang diizinkan pihak berwenang.

2. Nyhavn, Denmark
Nyhavn adalah distrik pelabuhan di ibu kota Denmark, Kopenhagen. Rumah-rumah berwarna di kedua sisi kanal kota merupakan daya tarik utama tempat ini.

Rumah-rumah kayu di Nyhavn rata-rata dibangun pada abad ke-17, dan kini sebagian besar sudah berubah fungsi sebagai restoran atau kafe.

Rumah nomor 9 adalah yang tertua di Nyhavn karena dibangun pada 1661 dan kini masih berdiri dalam bentuk aslinya.

Halaman
1234
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Tribun Jateng

Video Detik-detik Penangkapan Suami Istri Pengeroyok 2 Anggota TNI, Suci Menangis Dibawa Polisi

Berita Populer