Kanal

Soal APBD batam, DPRD Melunak. Benarkah Karena Kejar Tayang?

Ilustrasi dana APBD - net

Laporan Dewi Haryati

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - DPRD Kota Batam sedikit melunak.

Pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kota Batam 2017 dipercepat.

Rencananya, Senin (9/1/2017) ini akan dilakukan rapat finalisasi yang langsung diikuti rapat paripurna terkait KUA PPAS Kota Batam 2017.

Meskipun melunak, anggota Badan Anggaran (banggar) DPRD Kota Batam Uba Ingan Sigalingging pesimistis pembahasan soal anggaran ini akan memberikan harapan maksimal terhadap pembangunan dan kemajuan Kota Batam ke depannya.

Ia menilai, pembahasan KUA PPAS yang dipercepat itu lebih untuk memenuhi prosedural agar pengesahan APBD Kota Batam 2017 bisa dikebut dan segera disahkan.

Namun penajaman terhadap program kegiatan yang akan dijalankan sepanjang tahun ini, terutama untuk program yang menjadi skala prioritas, ia menilai kurang maksimal.

"Seharusnya mekanisme pembahasan itu bisa diikuti. Di sini kami melihat ruang diskusi pembahasan itu tidak maksimal dan sifatnya parsial. Lompat sana lompat sini, seperti akrobatik. Dan ini tidak memberikan hasil maksimal," kata Uba, Jumat (6/1/2017) di DPRD Kota Batam.

Karena tujuannya agar APBD segera disahkan, lanjut dia, dalam pembahasan KUA PPAS itu juga tidak ada perdebatan antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Batam dan DPRD.

Padahal, menurut Uba, perdebatan ini penting demi kualitas program-program yang akan dijalankan sepanjang 2017.

Halaman
123
Penulis: Dewi Haryati
Editor: Alfian Zainal

8 Pengakuan Tersangka Pembunuhan di Bekasi: Sakit Hati Dibangunkan saat Tidur Pakai Kaki

Berita Populer