Kanal

Ingin Belajar SEO Untuk Tingkatkan Traffic Blog, Blogger Kepri Ikuti Pelatihan di DMerlion Hotel

Peserta Lokakarya SEO Blogger Kepri di Dmerlion Hotel, Batuaji, Batam, Minggu (19/2/2017) - TRIBUNBATAM/SRI MURNI

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Puluhan blogger yang tergabung dalam komunitas Blogger Kepri mengikuti pelatihan optimalisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO) di Dmerlion Hotel, Batuaji, Batam, Minggu (19/2/2017).

Hadir sebagai pembicara adalah Ammar Satria selaku Founder Fingerfast Lab yang juga dosen di UIB.

Menurut Lina Sasmita, Ketua Komunitas Blogger Kepri, pelatihan ini diselenggarakan karena banyak anggota blogger di Kepri yang tidak begitu paham dengan SEO. Padahal, SEO merupakan salah satu elemen penting dalam upaya membesarkan blog agar pengunjungnya semakin banyak.

“SEO ini memang sangat teknis dan banyak yang tidak paham. Setelah melalui diskusi dengan para anggota soal tema workshop, akhirnya mayoritas sepakan bahwa ilmu SEO sangat diperlukan,”kata Lina di sela-sela acara.

Sementara itu, dalam paparannya, Ammar mengungkapkan, SEO memang ilmu yang sangat teknis yang berkaitan dengan bahasa pemograman yang hasilnya bisa mempengaruhi penampakan konten blog pada mesin pencarian di dunia maya.

Mesin pencarian yang dimaksud bisa google maupun bing atau lainnya.

“Intinya, dengan SEO bagaimana supaya blog kita bisa tampil di halaman pertama di mesin pencarian, seperti google maupun bing,”jelas Ammar.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para blogger dalam SEO ini, di antaranya, menentukan kata-kata kunci atau keywords yang harus dicantumkan pada tag saat mengunggah tulisan ataupun foto.

“Semakin spesifik keywordnya semakin besar peluang untuk tampil di halaman pertama mesin pencari,”tambahnya.

Hal lain yang harus diperhatikan jika ingin blognya dikunjungi banyak orang tentunya harus aktif juga di semua platform media sosial seperti Facebook, Path, Instagram, Twitter, Link dan lainnya. Via media sosial inilah, para blogger mempromosikan hasil unggahan pada blog mereka.

Blogger juga harus paham dengan platform masing-masing media sosial tersebut. 

Selama acara yang berlangsung sekitar lima jam, tampak peserta antusias dalam mempraktikkan ilmu SEO dan workshop berjalan dua arah. 
Acara ini terselenggara berkat dukungan Solatiket dan DMerlion Hotel. (*)

Penulis: Sri Murni
Editor: Tri Indaryani

Kronologi Polisi Gadungan Perkosa Siswi SMK di Hadapan Pacar, Berawal Kepergok Mesum di Warnet

Berita Populer