Kanal

ASYIK! Peraturan Kapolri Sejak 2005 Bisa Diakses via e-Perkap di Smartphone

Wakil Ketua Angkatan VI STIK-PTIK Kompol M Yoga Buanadipta Ilafi yang juga mantan Kasat Reskrim Polresta Barelang, menunjukan aplikasi e-PERKAP kepada Kapolresta Depok Kombes Pol Herry Heryawan dalam acara Depok Police Expo 2 di Jakarta, Selasa (25/4/2017) - ISTIMEWA

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) meluncurkan aplikasi e-Perkap yang berisikan semua peraturan-peraturan yang dikeluarkan Kapolri mulai 2005 sampai yang terkini.

Peluncuran dilakukan secara resmi pada Selasa (25/4/2017) di Jakarta oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan bersama Kapolresta Depok Kombes Pol Herry Heryawan dalam acara Depok Police Expo 2.

e-Perkap ini merupakan hasil karya dari mahasiswa S2 Sekolah Tinggil Ilmu Kepolisian PTIK (STIK-PTIK), sebagai wujud eksistensi dan dedikasi mereka terhadap organisasi Polri.

Wakil Ketua Angkatan VI STIK-PTIK, Kompol M Yoga Buanadipta Ilafi, yang mendampingi peresmian itu mengatakan, e-Perkap dibuat sebagai upaya nyata memberikan informasi tentang Peraturan Kapolri (Perkap) kepada seluruh anggota Polri dan masyarakat luas.

Kehadiran aplikasi e-Perkap di smartphone android, tentu saja memberikan kemudahan bagi semua orang untuk mengakses apa saja yang menjadi peraturan kepolisian di Indonesia.

Perkap merupakan salah satu perundangan-undangan yang mengatur internal anggota dan lembaga kepolisian secara administrasi dan operasional.

“Secara faktual masih banyak anggota kepolisian yang belum mengetahui dan memahami secara komprehensif peraturan Kapolri disebabkan kurangnya akses terhadap Perkap yang ada,”kata Yoga pada Tribun Batam, Sabtu (29/4).

Karena kurangnya memahami Perkap, tambahnya, tidak sedikit personil Polri yang melakukan tindakan di luar prosedur sehingga dapat merugikan pribadi, organisasi maupun masyarakat.

“Hadirnya e-Perkap diharapkan ini menjadi salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan tindakan non-prosedural dari personil Polri dengan mekanisme penggunaan aplikasi yang modern dan mudah diakses,” kata Yoga yang juga mantan Kasat Reskrim Polresta Barelang.

Secara teknis, aplikasi e-Perkap memiliki sejumlah keunggulan yakni dapat diunduh secara gratis pada setiap jenis handphone yang berbasis Android.

Halaman
12
Penulis: Sri Murni
Editor: nandarson

Haringga Sirla Tewas Dikeroyok, Bermula dari KTP Korban Dirazia Sejumlah Suporter Persib Bandung

Berita Populer