Kanal

Antisipasi Kerawanan Kriminal Jelang Ramadan, Polres Barelang Siapkan Strategi Ini

Kapolresta Barelang, AKBP Hengki saat ekspos penangkapan tersangka kasus pemalsuan dokumen, Selasa (11/4/2017) - TRIBUNBATAM/ANNE MARIA

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, BATAM-Mengantisipasi tindak kejahatan menjelang ramadhan, Polresta Barelang kedepanya akan melakan peningkatan pengamanannya. Seperti yang diungkapkan Kapolresta Barelang AKBP Hengki, minggu (7/5/2017) malam.

Dikatakan Hengki, selama ini patroli rutin sudah dilakukan pihak kepolisian. Namun menjelang bulan puasa ini, untuk intensitas patroli akan lebih ditingkatkan.

"Untuk menguranginya, selain melakukan kegiatan rutin, kita juga akan bertatap muka langsung kepada masyarakat. ‎Menanyakan apa saja keluhan mereka. Nanti di sana kita bisa tahu permasalahannya," sebut Hengki.

Kemudian Hengki juga mengimbau kepada masyarakat Batam juga harus bisa bekerja sama. Jangan memancing para pelaku kriminal untuk melakukan kejahatan. "Seperti memakai perhiasan yang mencolok. Kemudian memakai tas selempang sehingga memancing jambret," lanjutnya.

Selain itu, untuk kendaraan, Hengki meminta masyarakat memberikan kunci ganda. "Parkir juga jangan sembarangan. Masyarakat juga harus menjaga itu," lanjutnya.

Terakhir Hengki meminta kepada pelaku usaha untuk memasang CCTV ditempat usaha mereka. Untuk uang hasil penjualan tidak perlu disimpan di toko. "Lebih baik dibawa ke rumah, lebih aman dan kita juga tidak akan was-was," singkatnya.

Sementara itu, kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Erlangga saat dimintai ketrangan mengatakan, ‎beberapa waktu lalu, setiap Polda di Indonesia mendapatkan perintah langsung dari Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian terkait pengamanan di bulan ramadan. Selain meningkatkan patroli rutin, setiap polda diminta juga untuk menjaga harga pasar agar tidak melonjak.

"Polda juga sudah arahkan kepada setiap Polres yang ada di Kepri untuk meningkatkan patroli. Dalam hal ini peningkatan yakni penambahan personil," sebutnya.

Kemudian setiap Polres juga diminta untuk membuat satgas pengawasan sembako menjelang ramadhan. "Dan saat ini suda dalam proses pembentukan. Kita juga bekerja sama dengan intansi terkait dan pihak pemerintah," tegasnya. (*)

Penulis: Eko Setiawan
Editor: Agoes Sumarwah

Gubernur Tampar Suporter PSMS Medan hingga Videonya Viral, Beri Penjelasan di Instagram

Berita Populer