Kanal

Ingin Bumdes Bintan Sukses, PMD Datangkan Kades Terbaik yang Sukses Bikin Desa Mart

Sekda Bintan Adi Prihantara (Plt) saat membuka pelatihan dan Pembinaan Bumdes di aula Kantor Pemkab Bintan, Selasa (23/5/2017). -

Laporan Tribun Batam Aminuddin, Bintan

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN - Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Bintan Adi prihantara meminta kepala desa, anggota badan permusyawaratakatan desa (BPD) dan pimpinan Badan usaha milik desa (Bumdes) mengikuti pelatihan Bumdes sebaik-baiknya.

Soalnya, pelatihan yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bintan, Selasa (23/5/2017) ini sangat terkait dengan kerapihan laporan keuangan dan pengembangan Bumdes di desa-desa di Bintan.

Menurut Adi Prihantara, Bumdes ke depannya akan jadi primadona. Bumdes akan menjadi unit usaha yang bisa berkembang bahkan bisa memakmurkan desa jika dikelola dengan baik.

"Makin kreatif Bumdes, maka makin maju usahanya. Kalau makin maju, Bumdes pun jadi primadon,"kata Adi.

Kepala Dinas PMD Bintan, Ronny Kartika mengatakan, pelatihan ini memang sangat serius dan diharapkan menjadi motivasi bagi desa-desa di Bintan.

Soalnya, pihaknya menghadirkan narasumber terbaik. Salah satunya Kepala Desa Dlingo asal Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Bahrain Wardoyo.

Bahrain adalah kades teladan yang berhasil mengembangkan Bumdes Giritama dengan membentuk Desa Mart.

Desa Mart adalah desa yang dikelola ala gerai mart yang menghadirkan berbagai produk-produk lokal desa. Mulai dari kerajinan bambu, kerajinan kayu, aneka makanan ringan seperti emping dan keripik yang dijual langsung di Desa Mart.

Tidak hanya produk lokal saja, Desa Mart juga menyediakaan berbagai kebutuhan pokok dan sehari-hari warga.

"Kita berharap, kesuksesan Desa Mart yang dibangun Pak Kades Dlingo ini bisa memotivasi kades-kades di sini agar kreatifi,"ujar Ronni.

Penulis: Aminnudin
Editor: Alfian Zainal

Gubernur Tampar Suporter PSMS Medan hingga Videonya Viral, Beri Penjelasan di Instagram

Berita Populer