Kanal

Amankan Hunian Pakai CCTv. Simak Empat Tips Penting Sebelum Memasangnya di Rumah

- IDEA ONLINE

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Kejahatan yang terjadi belakangan ini kian nekat dan sadis. Para penjahat bahkan tak segan-segan melukai calon korbannya. Karenanya, tak ada pilihan selain selalu menjaga kewaspadaan.

Salah satu cara untuk memantau kondisi rumah adalah dengan memasang sistem closed circuit television(CCTV ) terpadu. Dengan sistem ini Anda bisa melihat pergerakan orang yang tinggal di rumah sekaligus orang asing yang bertamu.

Selain mengamankan penghuni dari ganguan orang asing, security system juga membuat Anda tenang kala meninggalkan buah hati di rumah.

Yuk, simak panduan singkat sebelum memasang kamera CCTV.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum anda memasang CCTV, ketahuilah dahulu apa kebutuhan pemasangan anda. Apakah anda ingin sekedar memantau keadaan dalam rumah, atau lebih ke sistem keamanan luar dan dalam rumah dari kemalingan?

 Untuk dalam rumah, Anda dapat memilih tipe dome atau bullet. Untuk outdoor, seperti penempatan di halaman atau taman rumah, sebaiknya pilih CCTV yang dapat melihat di kegelapan dengan infra red.

Lokasi Penempatan

Setelah mengetahui kebutuhan pemasangan CCTV anda, tentukan jarak pandang kawasan yang ingin anda awasi, apakah anda memerlukan jarak pandang yang jauh atau dekat? Dari pilihan ini, anda dapat menyesuaikan titik pemasangan CCTV yang tepat.

Targetkan Objek Pengawasan

Apakah target anda? Apakah anak-anak anda di dalam rumah? Situasi rumah sehari-hari? Hal ini berpengaruh pada penentuan ketinggian letak CCTV anda. Sebaiknya jangan terlalu jauh dari area yang ingin anda awasi. Biasanya, CCTV dipasang di ketinggian rumah dengan sudut 100-115 derajat.

CCTV Outdoor

Khusus untuk pemasangan outdoor, baiknya letakkan di tempat-tempat yang terlindung dari serangan cuaca seperti sinar matahari yang terlalu terik dan hujan lebat yang dapat merusak CCTV anda. Seperti di bawah atap, contohnya. (*)

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Idea.grid.id dengan judul: Penting! Ini Dia 4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Pasang CCTV

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Idea

Dijual untuk 'Nikah Bayaran' ke Cina, 11 Wanita Indonesia Disiksa Bak Hewan, Hukum Hambat Kepulangan

Berita Populer