Kanal

BMKG Karimun: Waspadai Perubahan Cuaca Secara Mendadak

Awan mendung menggelantung di langit sekitaran pasar Puan Maimun, Kolong, Karimun, Sabtu (1/7/2017). BMKG Karimun menyarankan warga untuk waspada terhadap cuaca yang berubah secara tiba-tiba. TRIBUN BATAM/RACHTA YAHYA - TRIBUN BATAM/RACHTA YAHYA

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Cuaca di Karimun sekitarnya sering kali berubah secara mendadak. Saat panas terik, tiba-tiba hujan turun yang disertai kilatan petir.

Ternyata situasi seperti itu sudah diprediksi Badan Metereologi, Geofisika dan Klimatologi (BMKG) Bandara Raja Haji Abdullah (RHA), Seibati, Karimun. Menurut BMKG hal itu dimungkinkan disebabkan siklus tahunan memasuki musim kemarau pada Juni dan Juli.

"Diprediksi awal bulan Juli akan terjadi perubahan cuaca secara mendadak. Cuaca cukup panas namun tiba-tiba terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang," kata Observer BMKG Bandara RHA Karimun, Pande Nyoman Parwata, Jumat (30/6/2017).

Sementara itu prakiraan cuaca pada siang hari besar dengan suhu 24-32 derajat Celsius. Kecepatan angin 30 kilometer per jam, kelembaban 65-95 persen.

"Dan ini kami prediksi penyebab terjadinya perubahan cuaca nantinya, untuk itu kepada masyarakat, kami sarankan agar menjaga kondisi tubuh dengan banyak minum air putih supaya terhindar dari dehidrasi," kata Pande.

Pantauan di lapangan, cuaca panas terik yang terjadi sejak pagi tiba-tiba turun hujan lokal di sejumlah kawasan di Tanjungbalai Karimun seperti yang terjadi di daerah Kolong, Kelurahan Sungai Lakam, Kecamatan Karimun, Sabtu (1/7/2017) sekitar pukul 10.30 WIB. (*)

Penulis: Rachta Yahya
Editor: Rio Batubara

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer