Kanal

Pendaftaran Calon Walikota Tanjungpinang 5 Bulan Lagi, Ini Jadwalnya!

Ilustrasi - tribunnews batam/ian sitanggang

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG- Pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang akan dilaksanakan sekitar lima bulan lagi. Karena sesuai tahapan pencalonan Walikota dan Wakil Walikota akan dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 10 Januari 2018 mendatang.

Baca: Terungkap! Beginilah Cara Industri Singapura Akali Batam! Kepala BI Kepri Blak-blakan!

Baca: Bikin Merinding! Wanita Kesurupan di KRL Teriak-teriak Minta Ini. Begini Kejadiannya!

Baca: Mengejutkan! Inilah 10 Kepribadian Wanita Menurut Bentuk Bibirnya. Mana Pilihan Anda?

Baca: Bikin Geleng-geleng Kepala! Makna Lagu Despacito Bikin Syok, Jangan Nyanyi Depan Anak-anak!

Namun sampai saat ini belum ada pasangan calon yang terang-terangan menyatakan maju mencalonkan diri sebagai Walikota Tanjungpinang. Hanya saja calon petahana Lis Darmansyah sudah memastikan diri maju mencalonkan diri menjadi wakil Walikota Tanjungpinang, namun siapa wakilnya, belum ditetapkan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang Robby Patria mengatakan, tahapan tersebut sudah ditetapkan. Saat ini KPU sudah mulai menjalani tahapan tersebut.

"Juli ini kita sudah mulai perencanaan dan sosialisasi tahapan. September peroses Daftar Pemilih Tetap," katanya, Selasa (11/7).

Untuk pengumuman pendaftaran pencalonan sendiri akan dilaksanakan selama seminggu tepatnya pada tanggal 1-7 Januari 2018 mendatang. Selanjutnya tahapan memasuki pada pendaftaran bakal calon Walikota dan Wakil Walikota pada 8 sampai 10 Januari 2018.

"Memang pendaftaran calon tidal lama lagi, sekitar lima bulan lebih. Pendafatarannya cuma tiga hari saja 8-10 Januari. Kemudian penetapan calon akan dilaksanakan pada 12 Februari," kata Robby.

Namun tahapan tersebut tidak untuk calon independen. Pendaftaran alon independen dilaksanakan lebih awal.

Untuk calon independen itu minimal harus mendapatkan dukungan 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap Terakhir yakni 146 ribu suara. Jadi untuk independen setidaknya mendapatkan dukungan 14.600 pemilih dibuktikan dengan formulir dukungan dan fotokopi KTP. Format formulir dukungan sendiri bisa dilihat di web KPU. (*)

Berita terkait baca Harian Tribun Batam edisi Rabu (12/7/2017)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer