Kanal

Kenapa Fasilitas Untuk Anak di Desa Minim? KPPAD Anambas Nilai Ini yang Terjadi

Ilustrasi sarana bermain anak-anak - KOMPAS/PRIYOMBODO

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Anambas menilai perhatian pemerintah desa untuk fasilitas anak di daerah ini masih minim.

Komisioner KPPAD Kabupaten Kepulauan Anambas Arman Andrias mengatakan, sejauh alasan aparatur desa terkait minimnya fasilitas anak karena soal prioritas anggaran.

"Padahal alokasi anggaran untuk merealisasikan sarana bermain anak ini tidak memerlukan anggaran besar. Cukup dengan memanfaatkan fasilitas desa yang telah ada seperti balai desa atau fasilitas umum desa," kata Arman, Kamis (31/8/2017).

Baca: Seperti Ini Perjuangan Warga Membawa Sapi untuk Hewan Kurban di Kepulauan Anambas

Baca: Kejaksaan Datangi Instalasi Farmasi Dinkes Anambas di Tarempa. Ternyata Ini yang Mereka Lakukan

Komisioner Bidang Pendidikan KPPAD Anambas ini mengatakan, banyak fasilitas yang bisa diubah menjadi tempat taman bermain bagi di desa.

"Menurut aparat desa hal ini belum merupakan skala prioritas. Padahal, Kementerian Desa telah mengarahkan agar kegiatan pemberdayaan fasilitas berkenaan dengan anak, seperti taman bermain menjadi prioritas dalam pembangunan desa," ujarnya.

Arman juga menyorot keberadaan PAUD dan TK di sejumlah desa, yang masih minim fasilitas pendukung seperti alat peraga dan sarana bermain anak.

"Kondisi ini biosa berpengaruh pada psikologi dan psikomotorik anak. Bila desa memiliki kelengkapan, maka mental anak-anak di desa tidak kalah dengan anak-anak di kota," katanya.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: nandrson

Petinju 13 Tahun yang Bertanding demi Ekonomi Keluarga Meninggal Seusai Pertandingan, Videonya Viral

Berita Populer