Kanal

Bakal Diluncurkan Maret 2018, Simak Keunikan Kebun Raya Batam di Nongsa

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, saat peletakan batu pertama Kebun Raya Batam (KRB) di di kawasan Sambau, Nongsa, Kamis (28/8/2014). - tribunnews batam/anne maria

BATAM.TRIBUNNEWS.COM,BATAM - Assisten II Pemko Batam Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Gintoyono Buston, mengatakan, Kebun Raya Batam setelah selesai pembangunan rencananya akan diluncurkan Maret 2018 mendatang oleh Kementerian PU Pusat.

Selain dibangun untuk memanjakan wisatawan, Kebun raya ini juga bertujuan sebagai pusat pelatihan dan belajar sekolah-sekolah serta pusat pelatihan bagi para ilmuwan dalam pengkajian. Karena tanaman di Kebun Raya Batam merupakan tanaman langka pesisir.

"Negara tetangga juga mensupport, mungkin karena mereka bosan di negaranya dominan melihat beton, disini mereka nanti bisa menikmati wisata alam," ujar Gintoyono.

Kebun Raya Batam memiliki luas sekitar 86 hektare, kemudian mendapat masukan dari Dirjen Kehutanan untuk menambah destinasi hutan bakau, maka ditambah dengan hutan bakau seluas 14 hektare.

Baca: Gerah Truk Angkut Tanah Tanpa Ditutup Terpal, Warga Minta Pemko Bertindak

Baca: Realisasikan KEK di Pulau Asam, Begini Pesan Jokowi ke Gubernur Kepri

Baca: Lelang Lukisan untuk Amal Terjual Semua, Ingin Tahu Harga Lukisan Bergambar Gubernur Nurdin?

"Jadi keseluruhannya lebih kurang 100 hektare," kata Gintoyono.

Gintoyono menuturkan, sudah hampir dua tahun lebih Kebun Raya Batam terbengkalai, namun baru dimulai lagi pengerjaannya oleh Dinas Bina Marga dan Sumberdaya Air Kota Batam.

"Rencananya bulan Maret 2018 akan di-launching oleh Kementerian PU, dan dalam waktu dekat ini di bulan November 2017 kita akan mengadakan penghijauan besar-besaran bersama dengan Pembina dari Kebun Raya Bogor. Kita akan melibatkan teman-teman dari IOM juga nanti," ujarnya. (*)

*Baca berita terkait di Tribun Batam edisi cetak, Minggu 1 Oktober 2017

Penulis: Efendi Wardoyo
Editor: Tri Indaryani

Viral Rumah Bohemian Rapsody di Blitar, Gaya Eropa dan Dianggap Mistis, Lihat Video Penampakannya

Berita Populer