Kanal

Banyak Perusahaan Tutup di Batam, Begini Solusinya Menurut Wali Kota Rudi

Wali Kota Batam HM Rudi - DOK TRIBUNBATAM

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Wali Kota Batam, Rudi meminta Pemerintah Pusat bisa segera mendudukkan persoalan yang terjadi di Batam dan mengambil tindakan.
Hal itu menyusul kian banyaknya perusahaan tutup yang di Batam .

"Mudah-mudahan kegiatan yang menyangkut Batam bisa cepat digesa. Kedua, soal pelayanan di pemerintah, Pemko dan BP Batam harus berjalan, tak boleh berhenti. Sehingga ekonomi kita bisa hidup dan kembali membaik," kata Rudi.

Dari Pemko Batam, lanjut dia, memang telah mengantisipasi ketika sektor industri di Batam menurun, ada sektor lain yang bisa menjadi penyokong ekonomi di Batam.

"Perusahaan tutup itu masalahnya apa. Tak ada proyek kan. Maka itulah kita ciptakan proyek-proyek baru supaya meskipun industri tutup berkesinambungan, ada penggantinya di pariwisata," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, sejak Januari hingga Oktober ini, setidaknya ada 30 lebih perusahaan yang tutup di Batam.

Setelah PT Sanmina, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Rudi Sakyakirti mengungkapkan jika akan ada satu perusahaan lagi yang tutup di Batam.

"Tapi dia belum melapor resminya ke kita," kata Rudi.

Baca: DCrown Miliki Fasilitas Lengkap, KBC Membuka Diri Kolaborasi Program Menarik

Baca: Selama 10 Bulan Sudah 30 Perusahaan di Batam Tutup. Satu Lagi Segera Menyusul

Baca: Pengangguran Bertambah. Satu Lagi Perusahaan di Batam Tutup!

Dikatakan, dalam hal ini pihaknya tak bisa melarang perusahaan tersebut tutup. Terpenting, hak-hak karyawan diselesaikan dengan baik.

Rata-rata perusahaan tutup itu memang karena sepi pesanan atau karena perusahaan induknya tutup. Di samping karena pengaruh krisis global yang tidak hanya terjadi di Batam, tetapi juga di negara-negara lainnya.

"Mana bisa kita larang-larang mereka tutup kalau memang sudah ada tak lagi pekerjaan. Ya, kami hanya bisa mengimbau ke BP Batam. Permudah perizinan," ujar dia. (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani

Kronologi Lengkap Mahasiswi Dibunuh Pacar di Aceh, Diajak Jalan hingga Pelaku Kabur ke Rumah Ipar

Berita Populer