Kanal

LUAR BIASA! Inilah 5 Manfaat 'Cairan Emas' Kolostrum Bagi Bayi

Ilustrasi - Nakita

TRIBUNBATAM.id - Tubuh perempuan bisa dikatakan sebagai anugerah luar biasa. Bagaimana tidak? Mereka bisa memproduksi bayi, membesarkan, melahirkan, dan kemudian memberi makan bayinya setelah berada di luar rahim.

Umumnya, sebelum ibu benar-benar memberikan nutrisi berupa ASI, usai melahirkan sekitar 2 hingga 5 hari, perempuan akan menghasilkan kolostrum.

Kolostrum adalah ASI pertama yang kaya akan protein dan rendah lemak. Kandungan itulah yang membuat kolostrum memiliki banyak sekali manfaat untuk bayi. 

Orang sering menyebut kolostrum "emas cair", terutama karena warna kuning-oranye yang penuh dengan kebaikan untuk bayi.

Sebagian besar dari kita mungkin sudah mengetahui beberapa hal mendasar tentang kolostrum, tetapi  sesungguhnya banyak fakta yang cukup menakjubkan tentang kolostrum.

Berikut fakta-faktanya:

1. Ibu mulai memproduksi kolostrum bahkan sebelum bayi lahir. 

Ibu biasanya tidak menganggap bahwa kegiatan menyusui sebagai bagian dari pengalaman kehamilan. Padahal payudara telah memproduksi susu setelah Ibu hamil. Inilah salah satu alasan mengapa payudara terasa sakit. Tubuh perempuan mulai menghasilkan kolostrum pada trimester kedua kehamilan.

2. Beberapa menggambarkan kolostrum sebagai "vaksinasi pertama" bayi.

Organisasi penggiat ASI berskala global, La Leche League mencatat, kolostrum mengandung "sejumlah besar sel hidup yang akan melindungi bayi Ibu dari banyak virus berbahaya." 

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nakita

Video Penampakan Ketua KKB Papua Egianus Kogoya, Buron Paling Dicari, Minta Boikot Pilpres 2019

Berita Populer