Kanal

Berani Sebar Hoaks, 35 Personel Polres Tanjungpinang Siap “Menyikat” Kamu

Kapolres Tanjungpinang AKBP ArdyantoTedjo Baskoro - TRIBUNBATAM?WAHIBWAFA

TRIBUN.BATAM.id.TANJUNGPINANG - Media sosial menjadi momok yang menakutkan bila tidak diimbangi dengan kontrol dan pengawasan.

Upaya terkini, Polisi melakukan upaya pengawasan, pencegaan hingga melaporkan dan menutup akun-akun yang menyebarkan informasi negatif.

"Melalui Cyber Trops dan Cyeber Patrol, Kita bisa saja men-take down dan menutup akun-akun yang menyebarkan informasi negatif atau bahkan hoax," ujar AKBP Ardyanto Tedjo Baskoro Kapolres Tanjungpinang dikonfirmasi, Minggu (17/12).

Baca: Aksi Bela Palestina. KH Maruf Amin: Boikot Amerika

Baca: Tamu Kafe di Anambas Gugup Saat Polisi Gelar Razia

Baca: Tersebar Video Marshanda di Ranjang. Netizen Geleng-Geleng Komentari Kutangnya

Penyebaran informasi yang mudah memancing emosi warga netizen adalah soal paham menyimpang yang mengarah pada radikalisme dan ras.  

Tak hanya itu, semua kegiatan kejahatan di kehidupan nyata ada di dunia maya, seperti penipuan.

"Cyber Troops, dan Cyeber Patrol ini lah yang bertugas memantau kegiatan medsos. Semua kegiatan kita ‎pantau melalui Cyber Patrol. Jika kita temukan akun yang meresahkan masyarakat, langsung kita langsung tutup," ujarnya.

Baca: Bupati Bintan Apri Sujadi Ancam Nelayan yang Jual Pompong Bantuan. Ini Alasannya

Upaya serius untuk membina tim Cyeber Troops ini, Kapolres pun telah menempatkan 35 orang anggota Polisi yang akan berperan dalam melakukan pemantauan, antisipasi hingga penindakan akun-akun negatif.

"Ada yang konter opini. Ada juga yang memantau untuk patrol. Bahkan ada juga yang kita viralkan. Kalau itu sifatnya positif membangun. Ya pasti kita membantu memviralkan. Ini untuk melawan hoaks," katanya lagi. (*)

Baca selengkapnya di Tribun Batam edisi Senin, 18 Desember 2017

Penulis: Wahib Wafa
Editor: Abd Rahman Mawazi

Video Viral Polisi Sempatkan Diri Beribadah ketika Bertugas di Belakang Suporter Bola

Berita Populer